Peliput: Alamsyah Pradipta – Editor: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Gelombang protes atas pembantaian kepada warga Muslim Rohingya di Myanmar, juga disuarakan di Kota Baubau. Lembaga Dakwah Kampus Indoensia (LDKI), melakukan aksi turun ke jalan raya untuk melakukan penggalangan dana.
Koordinator lapangan, Ebit Febrianto mengatakan, aksi yang mereka lakukan semata-mata sebagai gerakan keperihatinan umat muslim terhadap etnis Rohignya yang dibantai dengan kejam oleh Pemerintah dan militer Myanmar.
“Kami dari aliansi forum silaturahim lembaga dakwah kampus Indonesia bersama satuan aksi mahasiswa muslim indonesia turun ke jalan, dalam rangka penggalangan dana sebagai bentuk aksi peduli kemanusiaan kepada etnis Rohingya,” katanya saat ditemui di Tugu Kirab, Kamis (24/11).
Ebit mendesak Pemerintah melalui kedutaan besar Indonesia yang ada di Myanmar, agar melindungi dan membantu meringankan beban saudara Muslim yang tengah mendapat cobaan berat.
“Kami mendesak Pemerintah Indonesia, berdasarkan pembukaan Undang-undang Dasar 1945 mengatakan bahwa kita akan memperjuangakan kemerdakaan abadi dan keadilan sosial, oleh karena itu kami harap ada perlindungan kepada saudara kita di Myanmar yang sedang dibantai,” tuturnya.
Pihaknya juga mengajak seluruh mahasiswa dan masyarakat pada umunya untuk menggelar aksi yang sama, karena saat ini di Myanmar sedang terjadi krisis kemanusiaan.
“Mari bersama kami turun kejalan dalam rangka penggalangan dana kepada etnis muslim Rohingya, mereka ini saudara kita yang harus diperjuangkan nasibnya,” tutupnya. (#)