Laporan: Hasrin Ilmi

BUTON, BP-Di sela-sela kunkernya di Kecamatan Kapontori dan Lasalimu, orang nomor satu di daerah penghasil aspal alam terbesar di dunia menyempatkan diri melakukan tatap muka dengan beberapa elemen masyarakat di Desa Bonelalo, Kecamatan Lasalimu.


Bupati Buton Drs. La Bakry, M.Si mengatakan pembangunan Baruga Desa Bonelalo yang sudah lama dinanti-nantikan warga tinggal menghitung bulan akan terwujud.
“Dalam rangka mengakomodir harapan masyarakat Desa Bonelalo yang sudah lama menantikan keberadaan Baruga, Pemerintah Kabupaten Buton akan membangun Baruga pada tahun anggaran 2022 ini. Baruga ini akan menjadi tempat pelaksanaan berbagai acara adat di Desa Bonelalo dan tadi kita sudah meninjau lahan yang telah disiapkan untuk dibangunnya baruga tersebut,” kata Bupati.
Dikatakannya, ada tahapan lelang yang harus dilalui. Namun, Insya Allah sekitar 4 atau 5 bulan lagi sudah bisa dibangun baruganya.
Hal ini disambut antusias oleh warga setempat. Kepala Desa Bonelalo mewakili masyarakat mengungkapkan terima kasih atas perhatian Bupati Buton dan jajaran dengan akan dibangunnya baruga di desa tersebut.
“Alhamdulillah saya atas nama pribadi dan masyarakat sangat mengapreasi perhatian Bupati Buton, Drs. La Bakry, M.Si dan jajaran untuk semua program-program yang ditujukan dan dibangun di Desa Bonelalo selama beberapa tahun ini di antaranya kita sudah rasakan manfaatnya pembangunan jalan tani, jalan poros dan sebentar lagi baruga akan dibangun,” kata Kades.

baca juga: Tari Kambero Buton yang akan Tampil di HPN, Pernah Tampil di KTT APEC
Di tempat yang sama, Camat Lasalimu, La Ode Zahaba mengatakan lahan yang disiapkan merupakan tanah hibah desa yang berukuran sekitar 30 x 25 meter.(**)