Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Kadispora Provinsi Sulawesi Tenggara dijadwalkan akan meninjau kesiapan Kota Baubau dan Kabupaten Buton sebagai tuan rumah pekan olahraga provinsi ke XIV selama dua hari yaitu jumat dan sabtu.

Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kota Baubau Maaruji Spd Mpd

“Untuk hari jumat (14-01/2022) itu peninjauannya dilakukan di Kota Baubau. Sementara untuk Kabupaten Buton dijadwalkan pada hari Sabtu (15/01/2022). Di Baubau sendiri peninjauan itu dilakukan pada siang hari sampai selesai,” ucap Kepala Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Dispora Kota Baubau Maaruji Spd Mpd, Kamis (13/01/2022), ketika ditemui diruangannya.

Maaruji mengatakan Dispora Provinsi Sultra akan melihat dan sekaligus menilai semua lapangan dan sarana olahraga lainnya apakah sudah layak atau belum. Juga akan melihat usulan cabor-cabor yang diusulkan Kota Baubau agar bisa dimasukan dalam cabang yang diperlombakan.

“Karena penilaian dari Dispora Provinsi ini memang ada hubungannya juga dengan KONI. Tapi untuk kunjungan penilaian layak atgau tidaknya lokasi yang diusulkan oleh Kota Baubau kali ini baru dari pihak Dispora Provinsi Sultra dulu, berikutnya mungkin baru ada dari KONI Sultra,” jelasnya.

Maaruji mengatakan bila nanti dalam penilaian masih ada sarana olahraga di Kota Baubau yang tidak memenuhi syarat maka hal itu tinggal dikomunikasikan kembali untuk dilakukan perbaikan, “Kan masih ada waktu untuk memperbaiki itu karena pelaksanaan porprovnya di akhir tahun ini. Tentu ada kebijakan dari pemerintah Kota Baubau dan juga dari pemerintah provinsi Sultra,” ucapnya.

Dia pun mengungkapkan dasar dari kunjungan Kadispora Provinsi ke Kota Baubau dan Kabupaten Buton adalah berdasarkan petunjuk dari Bapak Gubernur Sultra H Ali Mazi terkait dengan pelaksanaan Poprov ke 14 di Buton dan Kota Baubau, untuk melakukan kunjungan kesiapan cabang olahraga yang akan dipertandingkan dan dilombakan.

baca juga: Tidak Penuhi Persyaratan, Dinkes Baubau Belum Buka Pelayanan Vaksinasi Dosis III

“Jadi memang Porprov ini harus dipersiapkan dengan matang karena sebelum menuju keajang PON maka harus melewati jalur Porprov dulu. Setelah sukses ke PON baru menuju ke seagames. Begitu tahapan dan jalurnya. jadi kalau atlit berprestasi di Porprov ini maka akan berlaga di seleksi lagi untuk menuju PON,” katanya lugas. (***)

One thought on “Maaruji: Kadispora Provinsi Sultra Akan Tinjau Baubau dan Buton Terkait Persiapan Porprov Hari Ini”

Comments are closed.