Peliput: Hengki TA

LABUNGKARI, BP – Pembentukan Polres di Kabuapaten Buton Tengah (Buteng) menjadi prioritas Mabes Polri. Hal tersebut disampaikan langsung Tim Staf Perencanaan Umum dan Anggaran (Srena) Mabes Polri, saat melaksanakan peninjauan lapangan studi kelayakan pembentukan Polres Buteng, di Kelurahan Bombonawulu, Kamis (23/09)

Mabes Polri Prioritaskan Pembentukan Polres Buteng

Ketua Tim Srena Mabes Polri, Brigjen Pol Budi Yuwono dalam sambutannya mengatakan, di Indonesia terdapat 26 Kabupten/Kota yang belum memiliki Polres. Khususnya di Sulawesi Tenggara (Sultra), baru terdapat 12 Polres dan masih ada lima daerah lagi, salah satunya di Buteng.

“Di Sultra baru ada 12 Polres, untuk Buteng dan Kolaka Timur, akan di Prioritaskan tahun ini. Sementara tiga daerah lainnya, akan diusalkan pada tahun-tahun berikutnya,” jelasnya.

Lanjutnya, priotitas pembentukan Polres Buteng, setelah pihaknya melihat kesiapan Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyrakat, yang telah menghibahkan tanah seluas 10 hektar untuk Mabes Polri. Namun, pihaknya tidak bisa berjanji dengan percepatan pembentukan Polres Butenh, sebab Srena Mabes Polri hanya sebatas mengusulkan ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB)

“Semoga tahun depan, usulan ini disetujui Kemenpan RB, sehingga melahirkan surat keputusan pembentukan Polres,” tuturnya.

Selain itu, pihaknya juga telah mengadakan studi kelayakan serta mengumpulkan dokumen-dokumen administrasi pendukung untuk pembentukan Polres Buteng, yang kemudian di input untuk menjadi kajian tim srena di jakarta.

Harapannya, pembentukan Polres Buteng kedepan, akan berdampak besar pada masyarakat, salah satunya dari segi pelayanan kepada masyarakat dan juga terkait Keamanan dan Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas).

“Tidak ada kemajuan tanpa diaraih dengan kerja keras dan adanya kerjasama, kekompakan, persatuan, serta saling bahu membahu antara Pemda, Polri dan TNI, termasuk masyrakat, tanpa itu tidak akan mungkin bisa diraih,” harapnya.

Kedatangan Tim Studi Kelayakan Mabes Polri dipimpin Langsung Ketua Tim Staf Perencanaan Umum dan Anggaran (Srena)
Karo Remtala Srena Polri Brigjend Pol Budi Yuwono, Ps. Kabaglemwil Roremtala Srena Polri Kombes Pol. Dra. A.A. Sagung Dian Kartini. Kaurmin Baglemwil Penata I Ahmad Bustomi. Pamin Baglemwil Penata Fajar Hendro Baskoro. Banum Baglemwil Pengda Peppen Supendi.

baca juga: Bupati Buteng Serahkan Bantuan Non Tunai Kepada Puluhan Pelaku Usaha dan Tujuh Koperasi

Serta ditemani Rombongan Tim dari Polda Sultra di Pimpin Karorena Polda Sultra Kombespol Dra. Yulia Agustin Selfa Triana. dan Kapolres Baubau AKBP Zainal Rio Chandra Tangkari.(*)

2 thoughts on “Mabes Polri Prioritaskan Pembentukan Polres Buteng”

Comments are closed.