Peliput : Amirul

Batauga,BP-Untuk meningkatkan kualitas Sumber Daya manusia (SDM) dalam upayanya memaksimalkan mitigasi (mengurangi risiko) bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Buton Selatan menggelar pelatihan Sumber Daya Manusia (SDM) dan Profesionalisme Tenaga Team Reaksi Cepat (TRC).

Pj Sekda Busel La Ode Almuhammad Sufi Hisanuddin saat memberikan arahan kepada peserta TRC BPBD Busel

Kegiatan pelatihan tersebut dibuka secara resmi oleh Pj Sekda Buton Selatan La Ode Almuhammad Sufi Hisanuddin mewakili Bupati Buton Selatan H. La Ode Arusani.

Pj Sekda Busel Sufi Hisanuddin dalam sambutannya mengatakan tugas TRC sangat penting dalam mengembangkan tugas dan misi kemanusiaan, untuk itu anggota TRC harus mampu mengaktivasi dampak yang menjadi potensi bencana di wilayahnya.

Ia mengajak agar bersama-sama bahu membahu membulatkan tekad dalam menguragi resiko bencana yang apabila daerah ini membutuhkan team reaksi cepat.

“Dengan diadakannya pelatihan ini akan hadir anggota TRC BPBD Busel yang menjadi garda terdepan dalam memberikan informasi data bencana pada masyarakat,” ucapnya

Lanjutnya, kepada seluruh peserta yang ikut pelatihan agar dapat mengikuti dengan serius dan sungguh-sungguh sehingga mampu mengusai apa yang diajarkan oleh instruktur, karena hal itu sangat membantu ketika terjadi bencana khususnya diwilayah ini.

“Jika ada bencana sebisa mungkin memaksimalkan dengan meminimalisir adanya korban, jika pun ada korban secepat mungkin ditolong atau dievakuasi, kemudian jangan sampai terucap dibibir dari saudara-saudara hanya satu yang meninggal, itu namanya meremehkan nyawa manusia , ingat menolong korban itu tugas yang sangat mulia,” tegasnya

Dia menambahkan BPBD mesti merancang strategi penanggulangan, pencegahan bencana, selanjutnya meningkatkan sinergitas antar elemen masyarakat, baik pemerintah, swasta, LSM, perguruan tinggi, ormas maupun lembaga lain yang relevan sehubungan dengan mitigasi bencana.

Sementara Kalaksa BPBD Busel Zamaluddin mengatakan jumlah yang mengikuti kegiatan ada 49 peserta yang terdiri dari 39 peserta dari TRC BPBD Busel dan 10 peserta dari pramuka peduli Buton Selatan.

Kata Zamaluddin, tujuan kegiatan ini untuk meningkatkan kapasitas pengetahuan, keterampilan, pembentukan sikap dan prilaku anggota

baca juga: Boti Diatas Bongkahan Batu, Spot Wisata Baru di Sampolawa

“Kita berharap dalam pelatihan yang akan lakukan selama tiga hari ini, mereka dapat memahami sifat dan tipe bencana, memahami bahaya dan kerusakan bencana, memahami cara-cara dan tindakan mitigasi bencana,” tukasnya. (*)

One thought on “Maksimalkan Mitigasi Bencana, BPBD Busel Tingkat SDM TRC”

Comments are closed.