Perayaan tahun baru merupakan momen yang dinanti oleh kebanyakan orang. Dalam memeriahkannya, semua orang punya cara tersendiri, baik bersama keluarga, teman, bahkan pasangannya masing-masing.

Laporan: Gustam

Di Kota Baubau misalnya, banyak tempat yang ramai dikunjungi oleh beberapa orang dalam memeriahkan malam tahun baru. Pantai Kamali, menjadi salah satu tempat yang ramai di kunjungi masyarakat Kota Baubau dalam memeriahkan malam pergantian tahun.
Dengan ikon naganya, Pantai kamali berhasil menyihir masyarakat untuk memadatinya sejak pukul 19.30 Wita, kemeriahan tersebut terus meningkat hingga menjelang malam puncak tahun baru 2017. Bukan hanya Pantai Kamali saja yang menjadi lautan manusia saat malam tahun baru, Lippo Plaza Buton juga menjadi salah satu tempat yang dipilih beberapa orang dalam memeriahkan malam tahun barunya, peningkatan pengunjung terjadi baik karena orang berbelanja, ada yang nonton film, bahkan ada yang hanya sekedar jalan-jalan saja.

Selain itu, Kotamara juga menjadi salah satu destinasi hiburan yang dipilih beberapa muda-mudi dalam memeriahkan malam tahun barunya. Kotamara, selain menyuguhkan pemandangan laut, juga ada panggung hiburan yang semakin menyemarakkan malam pergantian tahun, menjadi alasan Kotamara menjadi pusat kegiatan.
Tidak kalah mempesona Benteng Keraton Buton juga menghadirkan suasana berbeda pada malam tahun baru. Pemandangan ketinggian menjadi daya pikat peninggalan masa lampau ini. Kilatan kembang api dari seluruh penjuru Kota Baubau dapat kita saksikan dari atas, seakan tidak mau kalah dengan kemerlip bintang dilangit.

Namun, dibalik kemeriahannya dibeberapa ruas jalan di Kota Baubau mengalami kemacetan yang cukup parah. Bak rombongan semut, masyarakat Kota Baubau dari berbagai kalangan dan kelompok usia, memacetkan jalan baik dengan roda dua, roda empat, maupun dengan berjalan kaki.

Kepadatan jalan ini mulai terasa sejak pukul 21.00 Wita, khususnya di seputaran jalan yang menuju Kotamara dan Pantai Kamali. Namun nampaknya tidak menyurutkan antusias masyarakat Kota Baubau untuk memeriahkan malam pergantian tahun.

Pucak kemeriahan malam tahun baru 2017 meledak, ketika waktu menunjukan pukul 00.01 WITA. Berbagai variasi warna kembang api terlihat mewarnai langit Kota Baubau, saling bersahut-sahutan seakan hendak merajai langit, dari Pantai Kamali, Kotamara, Benteng Keraton, hingga sekitaran Wantiro Kota Baubau. (#)