Tanaman bonsai

Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Balai Benih Utama (BBU) Lea-lea memanfaatkan waktu luang dengan membuat tanaman bonsai.

Tanaman bonsai adalah tanaman atau pohon yang dikerdilkan di dalam pot kecil dengan tujuan membuat miniatur dari bentuk asli pohon besar yang sudah tua di alam bebas. Jenis tanaman yang di stek didalam batang pohon tanaman yakni kianti, tipulu (mentaos), berigin.

Tanaman bonsai
Tanaman bonsai

” Pembuatan bonsai memakan waktu yang lama dan melibatkan berbagai macam pekerjaan, antara lain pemberian pupuk, pemangkasan, pembentukan tanaman, penyiraman, dan penggantian pot dan tanah,” jelas Penanggung Jawab BBU Kecamatan Lea-lea, Bansuni Syamsullah, beberapa waktu lalu.

Pengkerdilan tanaman bonsai dilakukan dengan cara memotong akar dan rantingnya. Pohon tersebut dibentuk dengan bantuan kawat pada ranting dan tunasnya.

Kawat harus sudah diambil sebelum sempat menggores kulit ranting pohon tersebut. Perubahan yang terjadi terus menerus pada tanaman sesuai musim atau keadaan alam merupakan salah satu daya tarik bonsai.

” Mencari batangnya tidak boleh sembarang ada syaratnya yakni tanaman dikotil atau tanaman berkeping dua. Tanaman yang mampu beradaptasi dengan kondisi yang ekstrim. Tanaman yang memiliki umur panjang, tanaman memiliki daun yang tidak mudah rontok dan juga lebat. Memiliki bentuk yang indah secara alami. Tanaman yang memiliki daya tahan hidup tinggi karena nantinya akan dibentuk paksa,” terangnya.

BACA JUGA: Hari Ke-2 Kecamatan Lea-lea Genjot Sosialisasi Perwali Nomor 35 di Kelurahan Lowu-lowu

Lanjut dikatakan, dengan menanam bonsai akan membuat pemiliknya sehat, dikarenakan di butuhkan aktifitas gerak yg cukup saat merawat, selain itu akan membantu masyarakat mengasah otak kanan untuk terus bekerja, mengasah sisi sensitif dalam diri, menjaga daya ingatmu tetap tajam. Bagi kebanyakan penggiat bonsai, tujuan akhir membuat miniatur pohon adalah menciptakan subjek artistik.

” Tujuan dari pembuatannya adalah untuk menyajikan miniatur keindahan dari pohon asli dalam bentuk yang lebih mungil,” tutupnya. (#)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest