Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP– Himbauan Walikota Baubau DR HAS Tamrin MH agar setiap sekolah di Kota Baubau menggemakan nilai-nilai PO-5 langsung ditindaklanjuti Kadis Pendidikan H Masri MPd yaitu dengan segera memerintahkan memajang spanduk di masing-masing sekolah dengan bertuliskan isi dari PO-5.

Masri mengatakan bahkan dalam waktu dekat pihaknya akan segera melaunching penggemahan nilai-nilai PO-5 dengan mengundang semua perwakilan sekolah menurut rencana akan dihadiri langsung Walikota Baubau.

“Tapi kita akan cari waktu yang tepat dulu. Sejauh ini kami sudah menghimbau kepada semua sekolah di Kota Baubau agar memasang spanduk PO-5 sesuai dengan arahan Walikota Baubau beberapa waktu lalu,” jelas H Masri, Kamis (24/11).

Sebelum melaunching gema PO-5 untuk semua sekolah, pihaknya terlebih dahulu telah merencanakan gerakan baca quran untuk semua sekolah. Menurut Masri gerakan baca al-quran ini meruapakan salqah satu dari implementasi dari PO-5 yang digemakan DR HAS Tamrin selama ini.

Diminta tanggapannya tgentang penilaian PO-5, Masri mengatakan itu merupakan nilai-nilai luhur daeraqh ini yang mengandung falsafah hidup dalam kita bermasyarakat. Dia pun mencontohkan salah satu nilai PO-5 yang ada yaitu Po Binci-Bincikikuli.

“Artinya kalau kamu cibit kulit mu sakit maka sebaliknya kalau kamu cibit kulit orang lain juga merasakan hal yang sama. Ada nilai PO nya disitu yang berarti saling atau timbal balik. Jadi kalau semua nilai-nilai itu diimplementasikan oleh anak-anak kita dan bisa dipahami dengan baik maka kehidupan kita akan tentram,” jelas Masri.

Gerakan gema PO-5 dan gerakan baca al quran menurut Masri akan segera di launching bersamaan. “Jadi setiap hari anak-anak kita itu dibiasakan untuk membaca al quran dan pelan-pelan mereka akan diberi pemahaman,” tutupnya. (***)