Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Awalnya vaksin Covid-19 jenis moderna yang diproduksi di Amerika dialokasikan sebagai vaksin dosisi tiga (booster) bagi para tenaga kesehatan (Nakes), dikarenakan kemampuannya membendung virus cukup tinggi hingga diatas 90 persen. Tetapi beberapa pekan terakhir ini, vaksin jenis tersebut dapat diperoleh oleh masyarakat umum Kota Baubau.

Ilustrasi Vaksin Moderna (ilustrasi)

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Baubau, Rahmat Tuta melalui Kepala Bidang Pencegahan Penyakit (P2), Marfiah Tahara, Selasa (07/09) mengatakan saat ini masyarakat umum Kota Baubau dapat memperoleh jenis vaksin moderna. Sehingga selama stok masih ada, masyarakat dapat memilih vaksin mana yang ingin digunakan apakah sinovac atau moderna.

Ia mengatakan, dalam memperoleh vaksin moderna, masyarakat cukup memperlihatkan Kartu Tanda Penduduk (KTP). Vaksin moderna sendiri hanya diberikan pada masyarakat yang baru pertama kali melakukan vaksinasi.

“Satu botol vaksin Moderna untuk 14 orang, jadi terkumpul dulu semua baru dilakukan vaksinasi. Insya Allah di Polres setiap hari Sabtu kita siapkan satu tim untuk pelayanan vaksin moderna,” terang Marfiah Tahara.

Ia mengungkapkan, jika memang ada beberapa Nakes di Kota Baubau yang belum menerima vaksin dosisi tiga sebagai (booster) dikarenakan penerima vaksin moderna harus memperoleh waktu istrahat yang cukup, sementara saat ini para Nakes diseluruh Fasilitas Kesehatan (Faskes) tengah melakukan percepatan vaksinasi untuk masyarakat umum dan pelajar.

Ia mengakui, jika beberapa Nakes yang telah menerima vaksin moderna mengalami gejala ringan seperti sakit kepala dan demam, namun selebihnya tidak merasakan gejala apapun.“Ini masih puncak-puncaknya kegiatan vaksinasi, jadi kita tukar-tukaran, satu Faskes itu hanya 2-3 orang, karena harus ada yang istirahat,” pungkasnya.

baca juga: Alfamidi di Baubau di Komplen Karena Memotong Uang Pelanggan Untuk Peduli Ekonomi Dhuafa Tanpa Konfirmasi

Marfia berharap, kegiatan vaksinasi yang dilakukan pihaknya kepada seluruh masyarakat Baubau dapat terlaksana dengan baik, sehingga nantinya terbentuk kekebalan komunal. (*)

One thought on “Masyarakat Baubau Dapat Memperoleh Vaksin Moderna”

Comments are closed.