Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Sayur kol merupakan salah satu dari jenis sayuran yang baik untuk tubuh

, olehnya itu masyarakat Baubau mulai mencoba untuk membudidayakan tanaman tersebut di pekarangan kebunnya.

Pemilik lahan perkebunan sayur kol Untung saat ditemui wartawan Baubau Post, Selasa (01/06) mengatakan, tanaman kol adalah salah satu jenis sayuran dengan kandungan nutrisi yang mengesankan Secara tampilan, kol hampir mirip dengan selada.

Lokasi lahan sayur kol milik warga Baubau

Ia mengatakan, tanaman kol sendiri termasuk dalam genus sayuran Brassica yang meliputi brokoli, kembang kol dan kale. Kol muncul dalam berbagai bentuk dan warna, termasuk merah, ungu, putih dan hijau, dan daunnya bisa berkerut atau halus dan telah ditanam di seluruh dunia selama ribuan tahun serta dapat ditemukan di berbagai hidangan.

” Saya sudah mulai sejak lama dalam melakukan budidaya tanaman kol dan sampai dengan sekarang ini, namun jenis kol yang saya tanam berwarna hijau,” jelasnya.

Selain itu, kol memiliki banyak kandungan didalamnya baik vitamin C, vitamin K, vitamin B6, folat, karbohidrat, protein, mangan, serat, kalsium, kalium, magnesium, dan vitamin B1 (thiamin). Sejumlah mikronutrien lain dalam jumlah kecil seperti vitamin A, zat besi, dan riboflavin juga terkandung dalam kol. Mengonsumsi 50 gram kol yang sudah dimasak bahkan sudah dapat memenuhi sekitar 54 persen kebutuhan vitamin C harian. Sayuran ini juga rendah kalori dan nyaris tidak mengandung lemak sehingga baik untuk tubuh.

” Sayuran kol memiliki banyak kandungan yang baik untuk tubuh karena memiliki banyak kandungan di dalamnya,” jelasnya.

Salah satu manfaat kol yang sangat baik untuk tubuh dapat meningkatkan kesehatan otak dimana sayur kol bisa meningkatkan kesehatan otak. Karena memiliki kandungan yodium, antosianin, dan vitamin K dalam kol dapat memengaruhi kerja saraf yang penting terhadap daya pikir dan konsentrasi. Asupan kol juga bisa mencegah terjadinya penyakit Parkinson, Alzheimer, dan demensia. Sehingga dengan mengkonsumsi sayur kol dapat memberikan manfaat yang baik untuk tubuh.

baca juga: Ketua PGRI Baubau Bariun Raih Penghargaan The Best Institution in Providing Education 2021

” Sayur kol menjadi salah satu sayuran yang baik untuk menutrisi tubuh,” jelasnya.(#)

Pin It on Pinterest