Peliput: Arianto W Editor: Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat SD/SMP/Sederajat Tahun Pelajaran 2020/2021 baru dibuka perdana. Namun, SDN 3 Baubau sudah kebanjiran peserta hingga harus menutup pelayanan pendaftaran sejak dihari pertama.

Demikian diungkapkan Kepala SDN 3 Baubau Rosliah SPd saat ditemui di ruangan kerjanya, Rabu (01/07).

Kepala SDN 3 Baubau Rosliah SPd

Dikatakan, sejauh ini jumlah peserta yang mendaftar hari pertama 01 Juli 2020 sebanyak 110 orang. Sedangkan, jumlah kuota ideal yang diberikan oleh Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kota Baubau sebanyak 112 orang.

” Alhamdulillah, hari ini baru pertama dibuka namun jumlah pendaftarnya sudah mencapai 110 orang untuk murid baru kami,” jelasnya.

” Kuota yang diberikan oleh Dinas Pendidikan sebanyak 112 orang, yang nantinya akan dibagi menjadi empat kelas. Dalam satu kelas terdiri dari 28 orang,” lanjutnya.

Mengingat jumlah pendaftar yang telah hampir mencukupi kuota maksimal sehingga pihaknya harus menutup pelayanan pendaftaran di hari itu juga.

Pasalnya, pihak sekolah khawatir jika tetap membuka pelayanan maka kemungkinan besar jumlah pendaftar akan kian membludak.

” Jadi hari ini dibuka dan hari ini juga kami tutup pendaftarannya sebentar jam 12 siang. Karena kapan kami buka sampai besok yah kami khawatir jangan sampai membludak, itu yang kami cegah,” ujarnya.

Untuk diketahui, prosesi PPDB SDN 3 Baubau dibuka melalui dua mekanisme yaitu secara langsung dan melalui online. Tak hanya itu, program ini dilakukan secara selektif karena menggunakan empat jalur penerimaan yakni jalur zonasi, afirmasi, prestasi, dan mutasi atau pindah tugas orang tua.

” Jadi pada saat pendaftaran, kami mewawancarai orang tua siswa, dia tinggal dimana? Apakah alamat domisilinya berdekatan dengan sekolah atau tidak?,” terangnya.

Sebagai informasi tambahan, dalam proses PPDB, orang tua wajib datang mendaftarkan anaknya di sekolah dengan menaati standar protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan tidak lupa untuk menjaga jarak aman.

” Orang tua wajib datang mendaftarkan anaknya di sekolah. Disamping itu, beberapa hari yang lalu kami sudah membuka link PPDB Online, jadi separuh orang tua mendaftar lewat online,” tuturnya.

” Untuk orang tua yang hadir ini kami tetap melaksanakan protokol kesehatan seperti menggunakan masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak,” tutup Roslia. (*)

Pin It on Pinterest