Peliput: Zul

WAKATOBI – Progres sidang praperadilan terkait dugaan penambangan ilegal yang dilakukan oleh PT Buton Karya Konstruksi (BKK) usai dan di menangkan oleh Kepolisian Resor (Polres) Wakatobi.

Dengan adanya hasil prapradilan yang digelar di Pengadilan Negeri Wangi-Wangi Kabupaten Wakatobi tersebut, Kapolres Wakatobi AKBP Suharman Sanusi SIK menghimbau untuk sementara waktu menghentikan aktifitas penambangan galian C.

Kapolres Wakatobi AKBP Suharman Sanusi SIK

” Dengan adanya hasil Prapradilan, kami menghimbau kepada pelaku usaha untuk sementara waktu untuk menghentikan dari pada (Aktifitas Pengelolahan_Red) galian C,” ungkapnya pada Senin (21/6).

Selain itu, Suharman juga menegaskan tak ada jalan lain selain penegakan hukum bagi pelaku usaha dan masyarakat jika masih melakukan penambangan ilegal.

” Tentunya tidak ada jalan lain selain penegakan hukum, jika ada laporan dari masyarakat ada yang melakukan tindak pidana terkait galian c,” tegasnya.

Sebelum menutup, ia juga manambahkan jika hasil praperadilan menjadi pelajaran dan pengalaman besar bagi masyarakat khususnya bagi pelaku usaha.

baca juga: Tak sesuai Permendagri 18/2020, DPRD Wakatobi Kembalikan LKPJ Bupati Wakatobi Arhawi

” Bahwasanya penegakan hukum untuk galian c ini tidak main-main, terbukti sudah dilakukan penegakan hukum,” pungkasnya kepada beberapa awak media di Lobi Polres Wakatobi.(*)