Pewarta: Alyakin

BAUBAU, BP – Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Nasdem Kota Baubau, Arifudin SSos optimis bahwa Ketua Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) H Ali Mazi tidak mengusulkan pergantian Ketua DPD Partai Nasdem di Kota Baubau. Adapun terjadi dan tidak terjadi Arifudin menggapnya dinamika politik.

Ketua DPD Nasdem Baubau Arifuddin SSos

“Memang isu itu dekat, namun saya menjawab dengan kinerja yang bagus, tugas-tugas ini dengan baik. Kalau pun ada riak-riak begini, ibarat pohon tinggi pasti anginya kencang, maka akarnya harus kuat. Tiada lain kita jawab dengan kinerja,” kata Arifudin ketika ditemui Baubau Post di kediamannya, Senin (01/08/2022).

Arifuddin mengatakan DPW Nasdem tahu kalau DPD Nasdem Kota Baubau selama ini bila diberi tugas selalu menyelesaikan dengan baik, dikerjakan dengan masksimal, tulus dan ikhlas membesarkan Partai Nasdem.

Sebagai politisi senior di Kota Baubau, Arifudin menegaskan akan membesarkan Partai Nasdem di negeri Khalifatul Khamis dengan merebut empat atau lima kursi di Dewan Perwakilan rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau.

“Tahun 2024, kalau saya gagal membesarkan partai ini, saya tidak perlu di evaluasi, tidak usah DPW membikin peta konflik, saya sendiri yang mengundurkan diri, kalau saya gagal membesarkan partai ini, saya pertaruhkan ini nama saya. Tetapi jika saya berhasil, tolong juga DPW dan DPP harus memberikan perhatian dan dukungan untuk maju di Pilwali Kota Baubau,” katanya.

Arifuddin mengatakan pengurus partai nasdem Baubau saat ini ada yang aktif dan tidak aktif. Menurutnya kader partai yang tidak aktif ini hanya mencari masalah, celah, atau membuat persoalan,

“Teman-teman saya ini saya harap mereka insyaf tidak membuat gadu. Karena saya ini kerja tidak main-main. Jadi mereka tidak usah bermain-main. Kalaupun ada, saya sudah tau orang yang tidak aktif pasti mencari masalah,” katanya mengulangi.

Berdasarkan surat keputusan DPP partai nasdem nomor 441/Kpts/VIII/2020 yang di tandatangani langsung ketua umum surya paloh dan sekertarisnya, Arifudin dilantik pada 14 September 2020. Olehnya itu, pihaknya langsung melakukan terebosan di internal partai untuk mewujudkan cita-cita Nasdem di 2024.

“Memang ketika saya ditunjuk atau dipilih sebagai Ketua Partai DPD Nasdem Kota Baubau, saya melaksanakan konsolidasi internal partai. Artinya konsulidasi ini memberikan kekuatan kelembagaan di internal DPD Partai Nasdem,” katanya.

Ketua DPW Nasdem Sultra H Ali Mazi SH

Selain melakukan konsolidasi, Arifudin mengaku berhasil menyelesaikan amanah, arahan dari Ketua DPW H Ali Mazi dengan merekrut e-KTP dalan waktu singkat sebanyak 6000 lebih dengan presentasi 214 persen dari target 20.650 e-KTP.

“Kurang lebih tiga bulan saya diberikan amanah oleh di DPW untuk mempersiapkan verifikasi vaktual itu dengan mengawali merekrut E-KTA. Saya kroscek lagi di internal DPD sebelum saya menjadi ketua, ternyata pada saat itu, hanya 45 E-KTA yang ditinggalkan mantan Ketua Nasdem,” katanya.

Arifudin yang telah dipercayakan memimpin Partai Nasdem Baubau langsung membenahi kader-kader Partai Nasdem baik yang aktif dan tidak aktif tingkat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) serta membentuk DPRt di setiap Kelurahan Kota Baubau.

“Ternyata banyak hal yang harus saya benahi, yang pertama masih adanya kubu-kubuan. Setelah saya masuk tidak ada lagi kubu-kubuan. Sebenarnya secara keseluruhan kader Nasdem solid. Tingkat kelurahan juga ini belum ada yang terbentuk, saya bentuk baru semua. Itulah Konsulidasi yang saya bangun di internal,” katanya.

“Alhamdulillah saya menganggap itu sukses, konsolidasi yang pertama setelah mengemban amanah dari Ketua DPW Nasdem,” katanya.

Setelah memasuki April tahun 2022, lanjut dia, ketua DPW Partai Nasdem, H Ali Mazi SH mengundangnya untuk mengikuti rapat di kendari, Saat itu, Arifudin kembali diberikan amanah memimpin Rakorda yang di ikuti DPD Kabupaten Buton, Buton Selatan (Busel), Buton Tengan (Buteng). Pelaksanaan rakorda dihadiri Guburnur Sulawesi Tenggara (Sultra), H Ali Mazi dan kegiatan berjalan sukses.

“Beliau memberikan tugas kepada masing masing DPD untuk mempersiapkan Rakorda, ternyata saya ditunjuk sebagai tuan rumah Rakorda untuk wilayah Kota Baubau. Rakorda bersama itu intinya mengevaluasi kinerja DPD dan penguatan kelembagaan, dan pemberian pemahaman tentang berpartai, kaderisasi, bagaimana memenangkan pemilu pada tahun 2024. Alhamdulilah, saya angggap itu keberhasiln ke dua saya memimpin,” ujar Arifuddin dengan senyuman manis.

Memimpin Partai Nasdem di Kota Baubau, lanjut Arifudin, juga berhasil memenuhi data di Sistim Informasi Partai Politik (sipol) Kota Baubau, khususnya Partai Nasdem yang pertama menyelesaikan 100 persen dengan waktu kerja yang singkat. Arifudin mengganggapnya ini merupakan sukses yang ke tiga dalam menjalan tugas-tugas partai.

“Kita sudah lakukan verifikasi vaktual, partai sudah lolos di parlemen, semua instrumen dipersiapkan, sekretariat DPD dan DPC, semua partai kerja keras untuk mencapai itu, Alhamdulillah tadi Kota Baubau provinsi Sulawesi Tenggara, Nasdem yang telah menyelesaikan 100 persen, DPP telah mendaftar di KPU RI. 11 partai yang diterimah,” katanya.

baca juga: Ketua Umum DPP KK Laporo Lantik Kepengurusan DPW KKL Sultra, DPD KKL Baubau dan DPD KKL Busel

Meski Tiga kali sukses menjalankan tugas-tugas partai, namum Arifudin merasa tidak puas sebelum Nasdem mencapai target di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Baubau di tahun 2024. Untuk mencapai itu, Arifudin terus melakukan konsulidasi partai serta berkalborasi dengan para simpatisan, rakyat, tokoh masyarakat, tokoh pemuda, gender, milineal karena Nasdem membangun restorasi menuju perubahan, kemenangan 2024.

“Saya kira itu sukses pertama, kedua dan ketiga merupakan tangga untuk menuju kesuksesan ke empat. Jika saya meraih empat kursi di DPRD berarti siap tarung di Pilwali Kota Baubau,” tutupnya.(*)