• Keterbatasan Personil dan Fasilitas Tidak Menyurutkan Semangat Berbagi

Catatan: Hasrin Ilmi

Pandemi Covid-19 yang melanda saat ini sudah menjadi perhatian masyarakat secara global. pandemi ini bahkan menghancurkan semua tingkat kehidupan masyarakat hingga berdampak pada ekonomi masyarakat. Satuan Pol Air Polres Baubau sebagai garda terdepan di laut dan kawasan pesisir tidak tinggal diam untuk terjun langsung membantu masyarakat pesisir dan nelayan Kota Baubau.

Dibawah komando Kasat Pol Air Polres Baubau, Iptu Baharuddin SH didampingi semua personilnya turun ambil bagian untuk menyampaikan masyarakat pesisir agar selalu mentaati protokol kesehatan yang telah di tentukan oleh pemerintah dalam melakukan aktifitas sehari-hari. Bahkan, dengan menggunakan kapal patroli setiap saat turun di laut sepanjang pesisir Baubau hingga jembatan batu senantiasa memberikan himbauan untuk tetap menjaga kesehatan diri dan keluarga.

Kasat-pol-Air-Polres-Baubau-Ipti-Baharuddin-SHsaat-memberikan-arahankepada-personil-sebelum-membagi-sembako-kepada-nelayan-dan-warga-pesisir-terdampak-Covid-19 Foto Hasrin/BaubauPost

“Selalu mencuci tangan, gunakan masker, jaga jarak aman dan agar menghindari keramaian yang bertujuan untuk memutus penyebaran dan bertambah luasnya Virus Covid-19,” kata Baharuddin setiap saat menyampaikan himbauan diatas kapal patroli.

Semangat personil Sat Pol Air Baubau saat melakukan kegiatan sosial mendapat apresiasi. Meski dengan keterbatasan yang ada, semangat membantu masyarakat pesisir dan nelayan tidak kenal lelah. Apalagi, saat melakukan pembagian sembako kepada nelayan dan masyarakat pesisir yang terdampak yang di lakukan diatas kapal dengan kesulitan yang berbeda saat melaksanakan kegiatan yang sama didarat.

“Semangat ini tidak lepas dari arahan Kapolres Baubau, AKBP Zainal Rio Candra Tangkari yang senantiasa memberikan support dan dukungan moril kepada personil dan anggota sehingga ini lelah dan kesulitan sedikitpun yang dialami personil bisa dilaksanakan dengan baik,”kata Bahar sapaan akrabnya.

Bahkan, dalam kegiatan pembagian sembako yang sudah dilakukan beberapa kali kepada masyarakat pesisir dan nelayan, semua personil bahu membahu untuk memberikan sebagian kecil dari pendapatan. Ketulusan dari anggota Polres Baubau secara umum dan khususnya personil Sat Pol Air Polres Baubau patut mendapat apresiasi dari masyarakat.

Pantauan Baubau Post, setiap kali Personil Sat Pol Air turun membagikan sembako kepada nelayan dan warga masyarakat pesisir di Kota Baubau, warga sangat berterima kasih dan selalu mendoakan apa yang sudah diberikan mendapat amal terbaik dari Tuhan.

Bahkan, dalam setiap kesempatan ditengah masyarakat nelayan dan warga pesisir Kota Baubau, Kasat Pol Air Iptu Baharuddin SH tidak henti hentinya mengingatkan kepada warga untuk selalu menjaga kesehatan, dengan cara menjaga jarak aman, menggunakan masker, selalu cuci tangan menggunakan sabun air bersih yang mengalir, dan hindari kerumunan serta mentaati protokol kesehatan dalam setiap beraktifitas. Apalagi, saat ini menghadapi new normal kebersihan lingkungan dan menjaga kondisi tubuh yang sehat adalah yang terbaik. (***)

Pin It on Pinterest