Peliput: Alamsyah Pradipta Editor : Hasrin Ilmi

BAUBAU, BP – Ritual haroa Gorana Uputa yang sudah menjadi tradisi Pemerintah Kota Baubau menyambut hari kelahiran Nabi Muhammad SAW setiap tahunnya kembali dilaksanakan Pememrintah Kota Baubau di rujab senin dini hari (12/12).

Ritual ini menghadirkan sarah Masjid Keraton bertujuan untuk merefres otak dan mengingat, menjunjung tinggi, mengenang nabi besar kita, sekalian untuk mengenang kembali kelahiran nabi sekaligus mengikuti kehidupan serta jalan kebenarannya yang diajarkan sehingga banyak hikmah yang diambil dalam gegiatan ini.

Demikian diungkapkan Walikota Baubau, DR H AS Tamrin kepada sejumlah wartawan usai pelaksnaan ritual haroa Gorana Oputa di rujab Walikota Baubau.

“Malam ini yang kita laksanakan adalah maulid memperingati nabi besar kita yang dilaksanakan oleh pemerintah dengan Sara Masjid Agung Keraton yang merupakan kegiatan rutin tiap tahun jadi kita mengagungkan dan menjunjung tinggi nabi besar kita, Nabi Muhammad SAW sekalian sambil merefres otak kita, dan banyak hikma yang bisa diambil hikmanya,”ungkapnya.

Lebih lanjut dikatakan, kegiatan ini melanjutkan tradisi yang sudah ada sejak masa leluhur dimasa lalu, dan dalam proses haroa yang dibaca adalah riwayat Nabi Muhammad SAW.

“Dari dulu setiap kali mau Maulid selalu tiap malam ini suda dari dulu diadakan haroa seperti ini, kita melanjutkan leluhur kita seperti dimasalalu jadi yang dibaca tadi adalah riwayat Nabi Muhammad SAW dan saat membaca doa kenapa dibunuh lampuh karena dimasalalu belum ada lampu biasanya memakai lentera jadi kami mengkondisikan seperti itu juga melanjutkan tradisi itu,” tuturnya.

Dalam memperingati maulid ini AS Tamrin mengatakan yang terpenting adalah doa yang kita kirim makanan hanyalah sebagai pelengkap saja. Untuk itu, pihaknya berharap dengan memperingati kegiatan ini bisa mengikuti jejak nabi mengikuti petunjuk menghindari larangannya serta kedepan dengan ketulusan mengikuti ketentuan-ketentuan yang telah ditetapkan oleh Nabi Muhammad SAW.

“Semoga kita bisa mengambil banyak hikmah dan bisa mengambil teladan dalam kehidupan Nabi Muhammad SAW,”tutupnya.

Ritual Haroa Gorana Oputa ini juga di ikuti oleh seluruh SKPD Kota Baubau dengan menyajikan talang yang beisi sajian makanan khas daerah yang disatap bersama setelah selruh rangkaian doa bersama dilakukan. .(#)