Asrun Lio : “Ide Sederhana Tapi Sangat Inovatif”
Laporan : Hasrin Ilmi

BAUBAU,BP-Program anugerah siswa teladan yang digagas oleh para guru SMAN 3 Baubau sejak Januari 2022 rupanya mencuri perhatian beberapa kalangan. Bahkan Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tenggara Asrun Lio juga menyatakan apresiasi. Sebagai bentuk apresiasi, orang nomor satu di Jajaran Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sultra ini menyampaikan keinginannya untuk hadir dan menyaksikan secara langsung.

Kadis Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sultra Asrun Lio, saat menyerahkan penghargaan


Keinginan itu akhirnya dilaksanakan pada momen penyerahan anugerah periode Maret 2022.
Meski dalam keadaan hujan deras, namun tak menyurutkan keinginan untuk hadir di SMAN 3 Baubau yang bertepatan dengan momen anugerah periode maret tepatnya Tanggal 29 Maret 2022.
Kepala Dinas disambut Kepala SMAN 3 Baubau Sitti Yuliana beserta dewan guru dan langsung menyerahkan anugerah kepada 2 siswa penerima.
“Karena kondisi hujan, terpaksa anak anak menunggu di sepanjang teras depan kelas dan Pak Kadis rela berjalan menyusuri teras sembari menyapa para siswa dan langsung mengalungkan selempang anugerah kepada siswa penerima,” kata Kepala SMAN 3 Baubau Sitti Yuliana.
Momen kehadiran Kepala Dinas ini menjadi kebanggaan tersendiri bagi para guru dan siswa SMAN 3 Baubau. “Kami tidak pernah menyangka beliau akan hadir hanya untuk menemui siswa dan menyerahkan anugerah kepada siswa yang menerima. Ternyata beliau sangat mengapresiasi ide seperti ini,” kata Yuliana lagi.
Sementara itu, Kadis Dikbud Asrun Lio menilai bahwa apresiasi ini meskipun sekilas hanya ide spontan dan sederhana namun justru inilah yang sangat bernilai. Bukan hanya bagi siswa termasuk pihak guru dan sekolah untuk mengapresiasi prestasi anak didik. “Selama saya keliling di seluruh sekolah di Sulawesi Tenggara, baru di SMA 3 ini saya menyaksikan sebuah bentuk apresiasi yang seperti ini. Justru ini akan menjadi motivasi bagi anak didik. Jadi saya salut dan yang seperti ini harus dikembangkan,” ujar Asrun Lio.
Ia berharap kepada para guru agar membuat inovasi yang sekiranya bisa menambah motivasi pada anak didik meskipun diawali dengan ide sederhana dan spontanitas.

baca juga: Sinergi, Polsek Kokalukuna dan Pemkot Baubau Sukseskan Vaksinasi
Untuk diketahui, anugerah siswa teladan SMAN 3 Baubau sudah terlaksana sejak Januari 2022. Ide ini merupakan inisiatif para guru yang dengan sukarela menyiapkan dana pribadi untuk penerima anugerah. (*)