Peliput : Kasrun

BURANGA,BP- Bupati Buton Utara (Butur) Ridwan Zakariah mengaku belum mengetahui jika ada Aparatur Sipil Negara (ASN) yang dilantik beberapa waktu lalu terlibat dalam politik praktis dan sudah mendapat rekomendasi Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN).

Bupati Buton Utara Ridwan Zakaria

“Saya belum pernah lihat (Rekomendasi KASN atas keterlibatan sejumlah ASN dalam politik praktis),” ungkap bupati dua periode tersebut saat ditemui di ruang kerjanya, Rabu 29 September 2021.

Pada intinya, lanjut mantan Ketua DPD PAN Butur ini, persoalan mutasi pejabat yang dilakukan beberapa waktu lalu telah dipertanggungjawabkan kepada Ombudsman maupun KASN.

“Justeru dari 7 kabupaten/kota yang sama kasusnya dengan Butur, justeru hanya saya yang hadirkan Sekda, karena saya menghargai Ombudsman dan KASN,” tambahnya.

Berdasarkan dokumen yang diperoleh media ini, terdapat sejumlah ASN ‘bermasalah’ yang dilantik Bupati Butur. Mereka terlibat dalam politik praktis karena mendukung Ridwan Zakariah saat Pilkada 2020 lalu. Bahkan mereka yang terlibat sudah dinyatakan melakukan pelanggaran berdasarkan rekomendasi KASN.

Mereka yang dilantik diantaranya ada yang menjabat Plt Kepala Dinas, hingga Sekretaris Kecamatan.

Menurut Ridwan, dalam persoalan mutasi ASN dipastikan ada yang merasa puas dan tidak puas. Kondisi itu merupakan hal biasa.

“Saya kasi ruang mereka untuk kritisi (Proses mutasi). Silahkan melapor ke Ombudsman, silahkan ke KASN,” tuturnya.

Bagi Ridwan, tidak pernah mempermasalahkan ASN yang menyalurkan hak pilihnya. Namun, ASN harus mengetahui jika terlibat dalam politik praktis ada resiko yang harus ditanggung.

baca juga: Rencana Pinjaman Daerah Wajib Meminta Persetujuan DPRD Butur

“Dan saya beritahu kepada mereka bahwa saya tidak menghukum saya hanya memberikan pelajaran. Dan saya sudah buktikan 5 tahun lalu, betul nonjob tapi 2, 3 bulan sudah berubah, sudah rasional berpikir, mari kita sama-sama,” ujar Ridwan Zakariah.(*)

One thought on “Miris ! Bupati Butur Mengaku Tak Tahu Lantik Pejabat ‘Bermasalah’”

Comments are closed.