Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Bulan Februari dan Agustus tiap tahunnya adalah bulan Vitamin A, dimana bayi umur 6 hingga 11 bulan mendapatkan suplementasi Vitamin A Kapsul Biru (dosis 100.000 IU) dan anak umur 12 bulan hingga 59 bulan mendapatkan vitamin A Kapsul Merah (dosis 200.000 IU).

pemberian Vitamin A oleh Plt Walikota Baubau

Plt Walikota Baubau, La Ode Ahmad Monianse saat ditemui Baubau Post usai kegiatan, Senin (07/02) mengatakan, kegiatan bulan Vitamin A ini sudah sejak dahulu dilaksanakan. Salah satu tujuan pemberian vitamin A kepada balita adalah agar ketahanan tubuhnya terjaga, mencegah kebutaan dini serta mengurangi keparahan terhadap penyakit infeksi.

” Sehingga kalau anak-anak diberikan vitamin A, maka anak-anak tersebut bisa terhindar dari infeksi seperti ispa, diare atau penyakit lain seperti campak,” ujarnya.

Dikatakan, pemberian vitamin A secara gratis kepada balita ini akan dilaksanakan dua kali dalam setahun yakni, pada bulan febuari dan agustus serta rutin dilakukan ditiap-tiap Posyandu.

Lanjut Monianse mengatakan, pemberian Vitamin A kepada balita juga merupakan upaya Pemerintah Kota Baubau dalam mencegah Stunting pada anak. Pasalnya Kota Baubau menjadi lokasi fokus (Lokus) pencegahan stunting.

” Karena anak stunting itu pada dasarnya menurunkan kapasitas anak tersebut lebih dari setengah. Kalau anak itu kena stunting maka anak tersebut tidak akan tumbuh optimal, baik pertumbuhan mental, otaknya dan pertumbuhan lainnya,” terangnya.

Politisi PDI Perjuangan Kota Baubau ini juga berharap kepada seluruh kader posyandu bersama tim penggerak PKK di tingkat kelurahan mampu menjaring dan menjangkau seluruh balita yang ada di wilayahnya untuk dapat diberikan Vitamin A.

baca juga: Katapayi Sula’a Laris Manis di Pameran HPN Sultra, Gubernur Sultra dan Ketua PWI Pusat Sambangi Stan Baubau

Selain itu ia meminta melalui kegiatan Posyandu, para kader dan Tim PKK juga mengkampanyekan dan menghimbau kepada orang tua yang memiliki anak usia 6 -11 tahun untuk bersama-sama mensukseskan pelaksanaan vaksinasi Covid-19 untuk anak. (*)