La Ode Ahmad Monianse membacakan pidato pengantar Wali Kota Baubau

Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) Kota Baubau tahun 2021 mulai dibahas. Terdapat lima prioritas pembangunan di tahun depan.

La Ode Ahmad Monianse membacakan pidato pengantar Wali Kota Baubau
La Ode Ahmad Monianse membacakan pidato pengantar Wali Kota Baubau

Melalui pidato pengantar Wali Kota Baubau AS Tamrin di Gedung DPRD, Senin (16/11), Wakil Wali Kota Baubau La Ode Ahmad Monianse memaparkan lima prioritas tersebut.

Pertama pengembangan industri perdagangan dan industri kreatif yang didukung oleh peningkatan sarana dan prasarana; Peningkagan promosi dan investasi; Pengembangan potensi pariwisata; Peningkatan pendapatan masyarakat miskin berbasis potensi lokal; terakhir Pengelolaan pemerintahan dan administrasi pelayanan publik maupun peningkatan SDM.

“Hal ini sesuai dengan arah dan kebijakan umum APBD tahun 2021 yang telah menjadi kesepakatan kita bersama,” katanya.

Dalam rancangan APBD tahun 2021 pendapatan daerah diproyeksikan Rp 869,926 miliar. Rincian pendapatan yakni PAD Rp 132,748 miliar yang terdiri dari pajak, retribusi, hasil pengelolaan kekayaan daerah yang dipisahkan dan pendapatan daerah lainnya yang sah.

Pendapatan lainnya yakni dana transfer Rp 714,567 miliar, serta pendapatan lainnya Rp 22,61 miliar.

Sedangkan untuk belanja direncanakan Rp 1,1 triliun yang terdiri dari belanja operasi, belanja modal, dan belanja tidak terduga. Terdapat pula pembiayaan netto sebesar Rp 237 miliar.

“Merupakan selisih antara penerimaan pembiayaan dengan pengeluaran pembiayaan,” tuturnya.

BACA JUGA: Heboh Karcis Parkir Pantai Nirwana, Wawali Monianse Segera Koordinasi ke BPKAPD

Selain itu, rancangan penerimaan pembiayaan daerah Rp 242 miliar yang bersumber dari rencana pinjaman daerah, dan rancangan Sisa Lebih Perhitungan Anggaran (SiLPA) tahun sebelumnya. (**)

Nonton Video Berikut dari YouTube BaubauPost TV Channel

Asek Goyangnya…! Ada Acara Joget di Desa Bubu-Buton Utara Ditengah Pandemik Covid19

Acara joget malam yang diadakan pemerintah Desa Bubu, Kecamatan Kambowa Kabupaten Buton Utara (Butur) yang dimana disaat pemerintah daerah Kabupaten Buton Utara tengah berjibaku melawan Covid-19.
Pj Kades Bubu Riswan mengatakan bahwa acara joget malam tersebut berlangsung karena mereka sudah ada izin dari pihak kepolisian dalam hal ini Polsek Bonegunu dan mereka tidak akan berani melakukan kegiatan tersebut jika ada penyampaian dari pihak kepolisian bahwa tidak bisa melakukan acara joget malam.
Kapolsek Bonegunu Iptu Muhtar Abudu pada saat di hubungi Baubau Post melalui via WhatsAppnya membatah jika pihaknya mengeluarkan izin keramaian malam pada acara joget di desa Bubu.
Senada dengan Kapolres Butur AKBP Wasis Santoso SIK pada saat dikonfirmasi Baubau Post beberapa waktu lalu, terkait acara joget yang diadakan pemerintah desa Bubu mengakui jika dirinya tidak mengetahui bahwa di desa Bubu ada acara joget dan pihak polres tidak mengeluarkan izin untuk acara malam di desa tersebut.@baubaupost tv channel

2 thoughts on “Monianse Paparkan Lima Prioritas Pembangunan Baubau 2021”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pin It on Pinterest