Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Dalam rangka mewujudkan pembangunan Sekolah Menengah Atas (SMA) bertaraf unggulan, Plt Walikota Baubau Monianse secara langsung meninjau sejumlah lokasi yang direncanakan menjadi tempat pembangunan sekolah tersebut, Rabu (02/03)

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sultra menunjuk SMAN 7 Baubau untuk menjadi sekolah unggulan di Kota Baubau. Dimana saat ini SMAN 7 Baubau saat ini masih menggunakan fasilitas SMPN 1 Baubau dalam proses kegiatan belajar mengajarnya.

Plt Walikota Baubau La Ode Ahmad Monianse saat ditemui Baubau Post usai meninjau dua lokasi yang diusulkaan sebagai lahan pembangunan mengatakan, bahwa langkah yang dilakukannya merupakan tindak lanjut keinginan Gubernur Sultra, H. Ali Mazi yang ingin mendirikan SMA bertaraf unggulan di Kota Baubau.

” Kita sudah meninjau dua lokasi yang akan diusulkan dan nantinya kita akan mengundang pihak Pemerintah Provinsi Sultra dalam hal ini Dinas Pendidikan Provinsi untuk melihat dari dua lokasi lokasi ini, mana yang akan dipilih oleh mereka,” ujar Ahmad Monianse.

Dikatakan, pembangunan SMA unggulan di Kota Baubau akan dilakukan oleh pihak Pemerintah Provinsi, sementara Pemerintah Kota Baubau sendiri hanya menyiapkan lahannya lokasinya. Dari dua lokasi yang akan diusulkan salah satunya merupakan milik aset Pemerintah Kota Baubau.

” Kalau yang disana tadi ( lahan di Kelurahan Kadolokatapi-red) sudah milik Pemerintah Kota tinggal kita penataan akses. Kalau ini ( lahan di Kelurahan BWI-red) bukan milik pemerintah, jadi seandainya lokasi ini yang dipilih dan dianggap cocok maka pemerintah kota akan membebaskan lahannya, kemudian menyerahkannya untuk dibangun oleh pemerintah provinsi,” terangnya.

Lanjut, La Ode Ahmad Monianse mengatakan, untuk saat ini pihaknya akan mengusulkan dua lokasi dulu, namun apabila lokasi-lokasi tersebut tidak diminati oleh pihak provinsi, maka pihaknya akan kembali mencari lokasi alternatif lainnya. ” Yang jelas kita akan mencari lokasi mulai dari kelurahan BWI keatas ini, Kilo 3, kilo 4 dan kilo 5 agar dapat mendekatkan akses pendidikan diwilayah sekitar sini serta mengurangi kepadatan diwilayah pusat kota,” bebernya.

baca juga: Dekranasda dan Perindag Baubau Bakal Bangun Lapak Pedagang Kuliner di Tirta Rimba

Tak lupa Politisi PDI Perjuangan Kota Baubau ini berharap dukungan seluruh unsur masyarakat dan stake holder Kota Baubau atas niat baik pemerintah dalam menciptakan pembangunan sarana pendidikan yang baik untuk generasi muda kedepannya. (*)