BATAUGA, BP-Pemerintah Buton Selatan, Sulawesi Tenggara menggelar kegiatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke III tahun 2020. Kegiatan tersebut sebagai ajang pencarian Qori-Qori’ah as Busel untuk bersaing di MTQ Propinsi Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan tingkat kabupaten ini akan dimulai sejak 04 hingga 07 Maret ini di Batauga. Pembukaan MTQ tingkat Busel ini diawali dengan pawai taaruf. Semua peserta perwakilan tujuh kecamatan di Buton Selatan memakai pakaian muslim dan muslimah.

Bupati Busel H La Ode Arusani mengapresiasi semangat para peserta mengikuti kegiatan pawai taaruf. Namun ia mempertanyakan kenapa hanya peserta yang mengikuti pawai, semestinya semua pihak seperti OPD dan tokoh masyarakat diundang karena dalam kegiatan, karena hal ini merupakan kegiatan seluruh umat islam.

Rombongan Kafilah Siompu Barat

“Saya koreksi sedikit harusnya diundang beberapa OPD untuk memeriahkan kegiatan ini, “imbuhnya.

Tahun depan Arusani meminta penyelenggara MTQ bukan hanya di ibukota Kabupaten, Batauga. Tetapi pelaksanaannya digilir pada setiap kecamatan. Misalnya di Sampolawa atau di Lapandewa.

Kata Arusani, dalam pelaksanaan MTQ ke III ini bukan semata-mata bersaing untuk terpilih mewakili Buton Selatan di MTQ tingkat propinsi, tetapi seluruh peserta dapat mengambil hikmah dan terus menggemakan siar islam dalam kehidupan sehari-hari.

Sementara itu, Kabag Kesra Setda Busel Hasriady mengatakan, pelaksanaan MTQ tingkat Busel ke III bukan hanya kegiatan rutin. Namun ada momentum untuk mencari bibit potensi unggulan generasi muda Busel, untuk berjuang mewakili Busel pada MTQ tingkat provinsi Sultra.

Kata dia, sesuai petunjuk Bupati Busel, peserta perwakilan MTQ Busel yang berkompetensi di MTQ Provinsi Sultra pada 04 April nanti di Kabupaten Konawe Selatan, merupakan putra dan putri asli Busel, bukan qori-qori’ah dari daerah lain.

Karena itu MTQ tingkat Busel ini dipersiapkan secara matang pelaksanaanya dan pencarian bibit potensi putra dan putri lokal asal Busel.

Hadir dalam kegiatan ini, Sekda Busel Drs La Siambo, Ketua TP PKK Busel Wa Ode Ruhania Arusani, sejumlah kepala OPD lingkup Busel.

Peliput : Amirul

Pin It on Pinterest