Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) tingkat Kota Baubau ke X resmi dibuka, Senin malam (18/12) lalu di Islamic Center. MTQ ini sebagai ajang persiapan Kota Baubau untuk mengikuti MTQ tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) di Kabupaten Buton Utara (Butur).

Ketua Panitia MTQ Dra Hj Asmahani MSi dalam press release Dinas Kominfo Kota Baubau mengatakan, MTQ digelar sebagai ajang sosialisasi isi kandungan Alquran yang menjadi pedoman hidup bagi umat manusia dengan senantiasa mengamalkannya. Kegiatan akbar tingkat Kota Baubau ini akan berlangsung mulai tanggal 18 hingga 22 Desember 2017.

“Melibatkan peserta dari pewakilan kecamatan se-Kota Baubau dengan jumlah peserta 116 orang yang akan mengikuti tiga cabang lomba diantaranya cabang tilawah dan cabang hafalan Quran,” katanya.

Pada kegiatan itu pula Wakil Walikota Baubau Wa Ode Maasra Manarfa melantik dewan hakim dan panitia MTQ. Dalam sambutannya, Maasra mengatakan, MTQ telah menjadi tradisi dan tetap akan menjadi tradisi. Sehingga diharapkan dapat mewujudkan harmonisasi sosial yang sejuk dan menumbuh kembangkan kegiatan keagamaan secara sersi, selaras dan seimbang.

Dirinya juga berharap, MTQ dapat menjadi pemicu dan pemacu untuk mengembalikan nilai-nilai islam dalam kehidupan bermasyarakat. “Sekaligus memberikan motivasi terwujudnya kualitas sumber daya islami yang cerdas secara intelektual maupun spritual. Apalagi dalam historisnya Kota Baubau lahir dan dibesarkan dalam budaya yang bernuansa islami, sehingg kita tidak menghendaki nuansa itu redup diera kekinian,” harapnya.

Maasra mengajak masyarakat Kota Baubau untuk menjadikan MTQ sebagai ajang perenungan dan motivasi untuk meningkatkan pengetahuan dan pengalaman dari nilai-nilai Alquran yang universal. Selain itu, Massra juga menitip pesan kepada Ikatan Persaudaraan Qori-qoriah dan Hafizh-hafizhah (IPQAH) Kota Baubau, dewan hakim dan seluruh panitia untuk mencari bibit baru untuk persiapan MTQ tingkat provinsi ke 27.

“Binalah mereka agar konsisten memperjuangkan daerahnya,” imbuhnya. (**)

Pin It on Pinterest