Peliput: Nelvida A

BAUBAU, BP- Musim penghujan debit air melimpah sehingga membuat sebagian persawahan dan tanaman horticultural di Kantalai terendam.

Basuni Samsullah saat ditemui Baubau Post di ruanganya, Sabtu (12/09) mengatakan untuk wilayah persawahan dan hortikultural di Kelurahan Kantalai kondisinya dekat dengan bibir sungai sehingga jika hujan sehari semalam maka akan terendam namun itu tidak mempengaruhi pertumbuhan tanaman padi terkecuali jika sudah dua hari terendam akan berpengaruh kemungkinan akan mati.

Air sungai yang mulai meluap

” Keadaan salurah irigasi sudah bagus namum jika hujan terus menerus mengakibatkan air akan masuk ke lahan persawahan dan area hortikultural contohnya di bagian kantalai tapi kalau air naik disitu sudah pasti air naik juga dibagian atas, sebenarnya kalau hujan terus-terus pasti akan banjir,” ungkapnya.

Namun nantinya akan ada pembuatan saluran irigasi yang merupakan proyek dari dana kelurahan di Kantalai sehingga saluran irigasi persawahan dapat lebih bagus lagi kedepannya.

” Kalau untuk saluran irigasinya masih ada yang kurang tapi sudah di programkan di dana kelurahan,” tuturnya.

Pada musim hujan air melimpah dan mempengaruhi pertumbuhan tanaman padi. Namun ada waktu tertentu padi membutuhkan air dengan jumlah tertentu dan jika terendam terus air maka hama penggerek batang akan menyerang tanaman padi.

” Tidak bermasalah kalau banjir cuma kalau terendam sampai dua malam atau pasti dia mati,” tegasnya.

baca juga: BPJS Kesehatan Lauching Tiga Program Terbaru

Pada musim penghujan dengan air berlebih maka jenis beras yang dihasilkan berbeda dengan musim kemarau.

” Musim penghujan jika air berlebihan buahnya akan tidak bagus dan biasanya akan ada hitam-hitam,” pungkasnya.(#)

One thought on “Musim Hujan Sebagian Persawahan di Kelurahan Kantalai-Baubau Mulai Terendam”

Comments are closed.