BAUBAU, BP- PT Pelni Cabang Baubau sudah sudah menjual tiket untuk angkutan Natal 2019 dan Tahun Baru 2020. Tentu stok tiket kapal yang tersedia semakin lama akan semakin menipis, karenya banyaknya permintaan.

Untuk mengantispasi hal itu, masyarakat diminta untuk membeli tiket jauh hari sebelum keberangkatan. “Memang disarankan supaya tidak kehabisan tiket tolong persiapkan diri sebelum keberangkatan jauh-jauh hari,” kata Kepala Pelni Cabang Baubau Capt A Sadikin MM MMar.

Terkait untuk penambahan kapal, pihaknya hanya akan melihat jika terjadi lonjakan penumpang dari biasanya. Ada beberapa daerah yang sudah menjadi tujuan masyarakat pada saat masuknya hari Natal dan tahun Baru.

“Untuk saat ini dari tahun kemarin yang sudah berjalan otomatis di daerah, orang-orang yang beragama non muslim seperti daerah timur di daerah manado jadi daerah-daerah lain,” ujarnya.

Sementara itu terkait ketersediaan seat di kapal, pihaknya sudah lama menerapkan sistem One Man One Seat. Tiket yang dijual, sesuai dengan jumlah seat yang ada di atas kapal, sehingga tidak ada lagi non seat.

“Demi keselamatan, keamanan dan kenyamanan, bahwa kapal harus memuat sesuai dengan seatnya,” tandasnya.

Pihaknya akan mengikuti anjuran dari pemerintah demi kebaikan PT Pelni. Dengan dibatasinya jumlah penumpang, maka kapal juga akan terawat dengan baik, penumpang juga akan merasa nyaman menikmati fasilitas yang ada di kapal.

Perubahan-perubahan juga sudah dilakukan Pelni, baik dari segi makan dan juga air mineral agar penumpang bisa menikmati perjalanan. Apalagi sekarang di Pelabuhan Murhum Kota Baubau sudah menerapkan pola yang ketat, agar penumpang dan barang bawaanya bisa lebih teratur.

“Tidak sembarang orang yang keluar masuk, karena pelabuhan itu benar-benar dilaksanakan dengan pengamanan yang maksimal, sehingga barang-barang harus lewat pemeriksaan mesin X-Ray dulu,” jelasnya.

Selain itu, setiap calon penumpang wajib membawa KTP pada saat membeli tiket, agar saat naik kapal penumpang tersebut bisa terjamin ansuransi. (*)

Peliput: LM Syahrul

Pin It on Pinterest