– Sajikan Panorama Alam yang Indah
Laporan : Hasrin Ilmi
Kawasan simpang lima Kota Baubau yang berada di Kelurahan Sulaa Kecamatan Betoambari saat ini menunjukan geliatnya. Lokasi yang dulunya menjadi hutan belukar dan kebun masyarakat ini seakan disulap menjadi kawasan yang sangat menjajikan dan menjadi favorit masyarakat Kota Baubau yang ingin menepi dari padatnya kawasan kota.

Memasuki pagi hari dikawasan ini disuguhkan dengan hadirnya sunrice atau keluarnya mastahari dari peraduannya setalah melalui malam hari yang begitu sejuk. Ditambah dengan suasana kabut pegunungan yang begitu menyegarkan mata. Begitu indahnya anugrah Tuhan yang harus tidak henti-hentinya dinikmati. Dari arah laut kembli disuguhkan suasana yang begitu indah. Ditambah dengan gugusan pulau Kadatua, Siompu dan Pulau Ular seakan “duduk” menjadi penjaga pantai yang menyimpan sejuta potensi laut yang sangat besar.

Menjelang sore hari, pemandangan dikawasan ini tidak kalah menarik dengan dengan suasan pagi yang sejuk. Terbenamnya matahari di ufuk barat dengan sunsetnya yang begitu indah menjadi pemadangan yang sangat ditunggu warga Kota Baubau. Banyak yang sengaja datang hanya untuk menikmati mastahari yang masuk di peraduannya. “Bukit Parlemen” lokasi pembangunan Kantor DPRD Kota Baubau yang ada dipuncak simpang lima menjadi tempat yang pas menikmati suasan sore di Kota Baubau.

Perhatian Pemerintah Kota Baubau untuk menjadikan kawasan ini sebagai lokasi pengembangan baru mulai terlihat. Salah satunya dengan membangun sejumlah fasilitas umum termasuk pembangunan Kantor DPRD Kota Baubau yang pelaksanaanya sudah dua tahap dilakukan. dan memasuki tahap ketiga tahun 2017 disipakan untuk penyelesaiannya.

Sebagai fasilitas pendukung, pembangunan infrastruktur jalan yang menghubungkan kawasan ini sudah dikerjakan oleh Pemerintah Kota Baubau. Bahkan, tahun ini pembenahan fasilitas jalan hotmix dipastikan rampung sehingga memudahkan masyarakat datang di kawasan simpang lima.

Lokasi pemukiman warga juga setiap saat menunjukan perkembangan yang signifikan. Banyaknya perumahan yang mulai dibangun oleh pengemban menjadikan kawasan simpang lima sebagai lokasi baru yang menjadi tujuan masyarakat. Pilihan masyarakat untuk membangun pemukiman dilokasi kedepannya akan berkembang menjadi kawasan baru yang menjajikan. Kawasan simpang lima juga akan menjadi lokasi yang meudah diakses.

Berbatasan dengan Kabupaten Buton Selatan, akses menuju kantor Walikota yang sangat dekat. Menuju lokasi wisata Pantai Nirwana yang dekat hingga akses menuju ujung Kota Baubau dikawasan Waborobo dan Labalawa dengan suasana pedesaan yang masih kental dengan Kebudayaan Buton menjadi alternatif masyarakat menikmati wisata budaya.

Geliat pembangunan yang dilakukan Pemerintah Kota Baubau dikawasan simpang lima harus diberikan apresiasi. Pembangunan infstruktur perkantoran, jalan raya hingga kesiapan lokasi Ibu Kota Propinsi Kepulauan Buton yang sangat dinantikan masyarakat akan terus digenjot sehingga menjadikan Kawasa ini kedepannya menjadi lokasi favorit yang nyaman baik untuk pemukiman, perkantoran hingga lokasi wisata alam mulai dari sunricenya sampai sunricenya yang begitu indah. (***)