Peliput: Sacril

MUBAR, BP – Dalam memperkuat pelayanan kesehatan primer untuk mewujudkan Indonesia sehat, Nusantara Sehat Tiworo Tengah optimalisasi pelayanan kesehatan di wilayah Tiworo Tengah Mubar, Senin (19/12).

Dengan peningkatan jumlah, sebaran, komposisi, dan mutu tenaga kesehatan dan membangun Indonesia dari pinggiran, dengan menggunakan pendekatan yang terintegrasi, bukan sekedar kuratif seperti yang selama ini telah dilakukan namun juga mengedepankan aspek preventif dan promotif.

Salah Satu Nusantara Sehat asal Medan, Novita Sari Sembiring AMd Keb mengungkapkan, sebagai ketua kelompok yang dipercayakan dari Kementrian Kesehatan (Kemenkes), pihaknya melakukan pendataan dan laporan serta hasil kegiatan kerja dan dikirim melalui email ketua kelompok, dan laporan awal dari hasil tersebut, akan dilaporankan pada akhir Desember 2016.

“Kami akan melakukan beberapa kegiatan baik dari gizi, kesehatan lingkungan, kesehatan Ibu, bayi, dan Balita, serta akan membuat pemetaan keluarga sadar gizi melalui Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), dan melakukan penanganan dengan memberikan formula 75 dan f100,” jelasnya.

Selain itu, pihaknya akan melakukan kerja dengan pihak Puskesmas, dengan pendataan tentang kebersihan lingkungan, salah satunya kebersihan Jamban, untuk membuat terobosan dan sosialisasi kepada masyarakat tentang Jamban sehat, mudah, uurah dan memenuhi syarat yang semua kelengkapannya ada dilingkungan masyarakat.

Dengan melakukan pemeriksaan dan membantu pelayanan di Puskesmas Tiworo Tengah, maka pelayanan dalam pemeriksaan dan pemberian resep obat akan dioptimalkan dengan keseimbangan obat yang ada di Puskesmas

“Dengan meningkatkan pelayanan edukasi pasien dengan cara pengunaan Obat, dan akan bekerja sama dengan pihak Puskesmas dalam pengajuan pengadaan obat, karena obat di Puskesmas masih kurang lengkap,” tutupnya.(#)

Pin It on Pinterest