Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Pedangan es yang biasa berjualan di sekitar Lapangan Lembah Hijau, pendapatannya cukup tinggi, mencapai Rp 200 per harinya. Seperti yang dikatakan oleh salah seorang pedagang es, Imi. Namun penjualan es dagangannya dapat dipengaruhi oleh cuaca.
“Penjulannya ini tergantung cuaca, namanya juga es pasti orang cari kalau panas, tapi kalau musim hujan pasti akan turun. Tapi pendapatan saya selama berjualan disini bisa mencapai Rp 200 ribu per per hari, kadang juga lebih,” kata Imi saat ditemui ditempat dagangannya, Jumat (11/11).
Lanjut Imi, harga es dagangannya dibanderol dengan harga yang cukup terjangkau oleh masyarakat. Mulai dari harga Rp 5 ribu, hingga Rp 9 ribu tergantung varian rasa es.
“Harganya menu es disini beragam, kalau harga es rasa coklat hanya Rp 7 ribu saja, selebihnya tergantung topingnya, karena banyak rasa disini yang dijual, ada juga pop ice, ada juga coklat keju,” tuturnya.
Imi mengaku telah memiliki pelanggan tetap, karena banyak yang menyukai es racikannya. “Kalau pelanggan sudah cukup banyak, ada juga cewek yang kerja di DPRD sering kesini kalau jam istirahat, ada juga anak-anak sekolah ketika pulang, langsung beli es disni,” akunya.
Usaha yang digelutinya saat ini, cukup mudah bagi Imi. Karena antara tempat usaha dan rumahnya cukup dekat, sehingga tidak perlu jau-jauh. Selain itu, dari hasil berjualan es dapat memenuhi kebutuhannya sehari-hari. (#)