Peliput Alyakin

PASARWAJO, BP – Pada operasi lilin tahun 2017 dalam rangka peringatan Natal dan Tahun Baru 2018, Plt Bupati Buton Drs La Bakry Msi mengharapkan agar tercipta rasa aman, tentram dan kondusif.

Dijelaskannya pada saat menjadi Inspektur upacara pada apel gelar pasukan di Halaman Mapolres, Kamis (21/12), apel gelar pasukan merupakan sebagai pengecekan akhir terhadap kesiapan seluruh personil pengamanan dan pendukung kelengkapan sarana dan prasarana.

“Tentu kita mengharapkan, dapat terselenggara dengan nyaman, lancar serta keterpaduan unsur lintas sektoral dalam pengamanan guna mewujudkan situasi kamtibmas yang aman dan kondusif,” katanya

Natal dan tahun Baru 2018 tentu ada saja hambatan, tantangan dan gangguan yang perlu diantisipasi oleh pihak keamanan, seperti potensi serangan teror, kemacetan lalu lintas, aksi sweeping dan ormas. Olehnya itu, orang nomor satu di Kabupaten Buton itu menegaskan, untuk dipedomani dan dilaksanakan oleh personil adalah petakan potensi kerawanan dimasing-masing wilayah dan tentukan cara bertindak yang tepat melalui penyusunan rencana operasi yang matang.

“Tingkatkan kewaspadaan dalam mencegah aksi teror kejahatan konvensional dan lakukan pendekatan dengan elemen masyarakat guna mencegah terjadinya aksi sweeping oleh ormas,” Tandasnya

Untuk diketahui, Sebelum gelar pasukan operasi lilin 2017 ini dilaksanakan, Polri dan TNI serta stakeholders lainnya. Dalam hal ini Kemenhub, Kemenpupera, Kemenkes, Pertamina dan jasa marga, telah melaksanakan rapat koordinasi untuk menjamin kelancaran arus mudik dan arus balik pada saat tahun baru.

Sementara itu, Polres Buton tidak akan memberikan izin kepada masyarakat untuk melakukan konvoi keliling serta Ormas ataupun kelompok tertentu untuk melakukan sweeping dalam perayaan natal dan malam pergantian tahun baru 2017 khususnya di wilayah Polres Buton.

“Saat perayaan natal dan tahun baru ini khususnya malam pergantian tahun tidak akan ada konvoi, kedua bagi ormas-ormas atau kelompok-kelompok tertentu tidak boleh melakukan sweeping baik dalam kegiatan,” katanya

Pihak Polres Buton juga sudah sampaikan dalam rapat kordinasi tidak akan memberikan izin kepada masyarakat yang melakukan konvoi ataupun kelompok tertentu untuk melakukan sweeping dalam perayaan natal dan malam pergantian tahun baru 2017.

“Polres Buton tidak akan berikan izin, tapi kalo hanya keluar rumah untuk rayakan tahun baru ya silahkan,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest