Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Baubau, akan melaksanakan Operasi Zebra mulai tanggal 16 sampai dengan 29 November 2016. Operasi ini merupakan kegiatan yang dilakukan serentak diseluruh Indonesia.
Kasatlantas Polres Baubau. AKP Hairuddin mengatakan, dalam Oprasi Zebra pihaknya akan mengutamakan penindakan di lapangan dengan persentase 80 persen. Sedangkan tindakan preentif dan preventif masing-masing 10 persen.
“Kami kebanyakan akan melakukan tindakan di lapangan, karena secara teknis pelanggaran yang bersifat kasat mata, seperti melawan arus, menerobos lampu merah, maupun tidak menggunakan helm,” katanya saat ditemui di ruangannya, Rabu (16/11).
Hairuddin menambahkan, titik dilaksanakannya operasi zebra dalam sehari terdiri dari dua titik maupun satu titik. Dalam penentuan titik operasi, berdasarkan kerawanan masalah lalu lintas di suatu wilayah.
“Karena keterbatasan personil, dalam sehari bisa satu titik maupun dua titik, jadi flesibel tidak ditentukan.Kami lihat situasi yang ada sekarang bahwa lokasi Kota Baubau yang rawan kecelakaan lalu lintas, atau karena masalah semerawut atau macet, maka titiknya disitu,” jelasnya.
Personil yang akan terlibat dalan Operasi Zebra, akan melibatkan Dinas Perhubungan, Satpol PP maupun Samsat menyangkut masalah pajak kendaraan.
Hairuddin mengimbau kepada masyarakat kususnya pengendara, untuk tetap tertib berlalu lintas, baik saat pelaksanaan Operasi Zebra, maupun diluar kegiatan Operasi Zebra. Diharapkan untuk tidak melawan arus lalu lintas, tidak menerobos lampu lalu merah, menggunakan helm bagi pengendara roda dua, maupun menyelesaikan pajak kendaraannya. (**)

Pin It on Pinterest