Peliput: Alyakin

PASARWAJO, BP – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Buton menggelar operasi zebra, sejak 16 hingga 24 November 2016. Tercatat, sebanyak 57 kendaraan roda dua ditilang.
“Sudah ada 57 kendaraan roda dua yang ditilang karena sudah tidak layak serta melanggar lalu lintas,” kata Kasat lantas Polres Buton, La Ode Muliono ditemui Baubau Post di kantornya Kamis, (24/11).
Dikatakan, semua kendaraan baik roda dua maupun roda empat yang melaukukan pelanggaran akan ditindaki. Terutama pelanggaran yang fatal seperti kendaraan roda dua yang tidak memiliki rem, maupun lampu weser ataupun spion.
“Tujuan dari operasi zebra untuk menciptakan keamanan, keselematan, ketertiban dan kelancaran arus lalu lintas demi kenyamanan masyarakat saat menggunakan kendaraan dijalan raya,” terangnya.
Berbeda dengan daerah lainnya, operasi zebra yang dilakukan di Kabupaten Buton yang bertepatan dengan Pemilukada. Namun untuk menyesuaikanya, pihaknya tetap melakukan Operasi Zebra imbangan, walaupun sementara berjalan operasi parja atau operasi pengamanan pemilukada demi keselamatan masyarakat.
“Sebanyak 20 anggota Satuan lalu lintas Polres Buton turun dilapangan, sebab operasi zebra tetap dilakukan untuk menyesuaikan sebagai perimbangan, karena sedang berjalan operasi praja atau operasi pengamanan pemilukada,” tandasnya (*)