Peliput : Risnawati
KENDARI,BP – Gubernur Sulawesi Tenggara ( Sultra) H.Ali Mazi SH. Membuka Forum Lintas Perangkat Daerah lingkup Pemerintah OPD Sultra Tahun 2021, yang dilaksanakan di Ballroom Phinisi Hotel Claro, Kamis, (15/04).

Dihadiri Staf Ahli Gubernur dan para asisten Sekda, serta seluruh Kepala OPD dan Biro Lingkup Pemda Sultra, kegiatan ini dilaksanakan guna menyempurnakan rancangan awal rencana kerja perangkat daerah (Renja PD) untuk Tahun 2022.

Gubernur Sultra, Ali Mazi, SH

Merujuk Peraturan Mendagri No 86 Tahun 2017 Forum Lintas Perangkat Daerah Tersebut mengatur tentang perencanaan, pengendalian dan evaluasi pembangunan daerah , Serta evaluasi RPJMD , dan evaluasi perubahan rencana sesuai dengan aturan yang ditetapkan.

Dalam kegiatan ini gubernur mengatakan ada empat poin utama yang perlu diperhatikan agar perencanan jangka panjang dan jangka menengah bisa lebih optimal untuk Tahun 2022 ,diantaranya efektifitas penerapan Sistem Informasi Pemerintah Daerah (SIPD) sudah harus dilaksanakan, agar penyerapan anggaran dapat lebih maksimal dan bisa tepat sasaran.

” tahun ini, SIPD mulai efektif diterapkan, dimana pagu anggaran sudah harus di distribusikan kepada masing masing OPD, dalam rangka penyusunan rencana kerja OPD Tahun 2022,” ujar Ali Mazi dalam sambutannya, (15/04).

Gubernur menambahkan pada Renja tersebut beberapa Pagu Anggaran yang diprioritaskan selain Belanja pegawai dan belanja Rutin, Pokok Pokok Pikiran DPRD masuk dalam tahapan rencana pembangunana daerah.

” dan urusan termasuk mengakomodir pokok pokok pikiran DPRD yang bersumber dari aspirasi masyarakat”, ungkap Ali Mazi pula.

Sementara itu di kesempatan lain Kepala Bapedda Sultra Robert J menambahkan bahwa forum ini dibentuk sebagai salah satu wadah untuk penjaringan aspirasi masyarakat dan penyempurnaan rancangan dalam Rencana Anggaran khususnya Tahun 2022.

” dan dengan adanya pandemi covid 19 , ada terjadi beberapa koreksi terhadap , indikator pembangunan daerah, sehingga secara simultan penyusunan RKAPD tahun 2022 dipararelkan dengan proses penyusunan RPDP Tahun 2018- 2023,”, ujar Kepala Bapedda dalam laporannya kepada Gubernur Sultra, saat mengawali Forum ini.

Untuk mengoptimalkan rencana kerja dan anggaran tersebut Robert berharap agar sebelum penetapan BULD RKAPD nantinya pemerintah setempat akan terlebih dahulu menetapkan perubahan RPJMD Tahun 2018-2023.

baca juga: Pisah Sambut Kabinda, Ini Kenang-Kenangan dari Pemprov

” sehingga saudara saudara perlu secara cermat untuk memilij dan memilah mana saja yang merupakan kegiatan normatif dalam menjalankan urusan pemerintahan maupun kegiatan prioritas daerah ,” ujar Gubernur pula.(*)