Peliput : Amirul
Batauga, BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan melalui Dinas Kesehatan terus mengoptimalkan layanan kesehatan bagi masyarakatnya dengan membangun sejumlah fasilitas kesehatan.

Tahun 2022, Puskesmas di wilayah Kadatua bagian timur telah diproyeksikan untuk dibangun puskesmas baru. Anggaran yang digelontorkan sebesar Rp 2.8 miliar.

Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan La Ode Budima

Kepala Dinas Kesehatan Buton Selatan La Ode Budiman mengatakan tahapan rencana pembangunan puskesmas itu sudah diajukan ke bagian ULP.

“Jika tidak ada kendala, mudah-mudahan sudah bisa melakukan pelayanan diakhir tahun 2022. Sekarang ini sudah diajukan ke ULP, dan semoga dalam waktu dekat sudah tayang,” ucapnya.

Tujuan dibangunnya puskesmas tersebut untuk mendekatkan layanan kesehatan kepada warga diwilayah kepulauan Kadatua bagian timur.

Lanjutnya, saat ini Busel telah memiliki 12 Puskesmas, yang tersebar di tujuh Kecamatan, yakni Puskesmas Batauga, Puskesmas Sampolawa, Puskesmas Bahari, Puskesmas Gerak Makmur, Puskesmas Lapandewa, Puskesmas Kadatua, Puskesmas Siompu, Puskesmas Siompu Barat, Puskesmas Batuatas, dan Puskesmas Lamaindo

Terbaru ada dua Puskesmas yang dibangun pada 2021, yakni Puskesmas Bukit Kangka di Kecamatan Siompu dan Puskesmas Batuatas Barat di Kecamatan Batuatas.

Terdapat kriteria tertentu yang menjadi penilaian pusat untuk membangun Puskesmas disuatu wilayah. Selain mendekatkan pelayanan kesehatan karena faktor jarak dan alam, jumlah penduduk, serta aksesibilitas juga menjadi pertimbangan.

baca juga: Sejumlah Destinasi Wisata di Busel Bakal Difasilitasi Gerobak Jualan

“Dua puskesmas yang dibangun tahun lalu itu sudah dapat beroperasi, tinggal menunggu jadwal peresmian dari Bupati, H La Ode Arusani,”tukasnya.(*)

Comments are closed.