Peliput: Alamsyah Pradipta

BAUBAU, BP – Bukan rahasia umum lagi dengan maraknya parkir liar di Kota Baubau. Sampai sekarang banyak pengendara memarkirkan motornya di sembarang tempat baik di bahu jalan yang terlihat dibeberapa titik di Kota Baubau.

Melihat hal tersebut, Dinas Perhubungan (Dishub) akan memberi tindakan, apabila mendapati pengendara memarkirkan kendaraannya disembarang tempat. Kepala Dishub, Muh Salim melalui Sekretaris Dishub, La Ode Amran SH mengatakan, parkir liar dapat menggangu ketentraman pengendara lain, dan akan dikenakan sanksi yang tegas kepada pengendara yang melanggar.

“Permasalahan memang yang utama itu parkir liar, kalau kita lihat sudah padat apa lagi diseputaran Pasar Laelangi. Kami sampaikan, pasti akan kenakan sangsi kepada palaku parkir liar, mungkin akan ditahan motornya atau di tahan, karena kita selalu adakan sosialisasi terkait parkir liar ini, jadi kalau ini tidak diindahkan otomatis kita akan kenakan sanksi,” tegasnya, Sabtu (29/10).

Amran mengharapkan, adanya kesadaran semua masyarakat agar tidak memarkirkan kendaraannya disembarang tempat. Bersama-sama menjaga ketertiban berlalu lintas, agar semua penguna jalan bisa saling merasakan kenyamanan.

“Saya mengimbau seluruh masyarakat menaati peraturan berlalu lintas, kalau ada kesadaran dari diri sendiri itu bagus. Dengan tertib memarkir kendaraan, pengendara lain juga pasti merasa nyaman, lalu lintas juga jadi lancar kesadaran itu penting sekali, terus taati rambu-rambu yg telah dipasang karena beruntung masyarakat sudah mau difasilitasi oleh negara,” ungkapnya. (#)