Peliput: Prasetio M

BAUBAU, BP- Saat ini perawatan pasien di Badan Layanan Umum Daerah (BLUD) RSUD Baubau cukup meningkat yakni sekitar 20% hingga 30%, ini dikarenakan fenomena akhir pekan yang dilakukan oleh masyarakat Kota Baubau.

Dirut BLUD RSUD Baubau dr Lukman

Hal ini diungkapkan oleh Direktur Utama (Dirut) BLUD RSUD Baubau, dr Lukman saat ditemui, Senin (05/04).

” Sejauh ini kami lihat dikarenakan fenomena akhir minggu yah, karena biasanya pasien melonjak. Jadi BLUD RSUD Baubau juga telah menyiapkan ruangan apabila terjadi lonjakan pasien dan sejauh ini lonjakannya itu sekitar 20% sampai 30% dari biasanya,” ujar dr Lukman.

Dikatakan, peningkatan pasien yang datang berobat ke BLUD RSUD Baubau berasal dari berbagai kasus seperti, penyakit saraf, kandungan dan paru. Untuk kasus cuci darah pihaknya belum bisa melayani hal ini dikarenakan belum adanya alat untuk cuci darah, pihaknya berencana mengadakan fasilitas alat cuci darah, ruang dan tenaga medisnya ditahun 2022.

BACA JUGA: Pemkot Baubau Bakal Sampaikan Nama Calon Penghuni Rumah Penyerahan Aset ke Gubernur

” Direncanakan di tahun 2022 kita bisa mengadakan itu (fasilitas cuci darah), karena itu juga merupakan bagian dari perencanaan kita dalam memenuhi syarat-syarat rumah sakit tipe C,” ungkapnya. (*)