Peliput: Sacril

MUBAR, BP – Kafosampu atau Karia merupakan salah satu kebudayaan khas Muna yang diperuntukan kaum perempuan perawan, dalam arti perempuan tersebut belum menikah. Pada Hari Selasa (14/11) malam, masyarakat di Desa Nihi 2 mengelar Kafosampu yang di hadiri Paslon Rajiun dan Achmad lamani.
La Ode Gamsir salah satu kelurga Kafosampu mengungkapkan Kafosampu atau karia ini dilaksanakan oleh empat perempuan yang diantaranya satu orang akan menikah. Maka itu dilakukan Karia sebagai prasyarat perempuan suku Muna sebelum menikah.
Lanjutnya, pihaknya sengaja mengundang pasangan calon Bupati Mubar, Rajiun dan Achmad Lamani untuk menghadiri kegiatan keluarganya ini. Hal ini sebagai bentuk dukungannya, dan dia senang karena pasangan calon ini berkenan untuk hadir.
“Kami sekeluarga mengundang Rajiun dan Achmad lamani untuk menghadiri Karia empat keponakanku, dan kami keluarga besar merasa senang dan berterima kasih pada Rajiun-Achmad lamani, kami sekelurga menganggap Rajiun adalah sosok pemimpin yang ramah dan baik,” tutupnya. (#)

Pin It on Pinterest