– Hugua: PBR Lahir Atas Motivasi Keunikan Wakatobi

Peliput: Duriani

WAKATOBI, BP – Patuno Beach Resort yang telah berganti nama menjadi Wakatobi Patuno Diving & Beach Resort kini telah memasuki tahun ke – 8 didirikan. Diusia delapan tahun itu, telah banyak memberikan warna terhadap Wakatobi khususnya dalam mempromosikan pariwisata Wakatobi.
Hugua, selaku perwakilan owner Wakatobi Patuno Diving & Beach Resort mengatakan, munculnya ide pembangunan Wakatobi Patuno Diving & Beach Resort termotivasi dengan melihat letak geografis Wakatobi yang terdiri dari pulau-pulau dengan luas wilayah 97 persen laut.
“Lahirnya Patuno Beach Resort saat itu termotivasi dengan kawasan Wakatobi yang unik. Dimana hanya memiliki tiga persen darat, dan memiliki luas wilayah pemerintahan yang sama dengan kawasan yang dikelola Balai Taman Nasonal Wakatobi (BTNW),” terang Hugua, saat malam perayaan Wakatobi Patuno Diving & Beach Resort ke – 8, Sabtu (17/12).
Menurut Hugua, Wakatobi yang memiliki luas wilayah unik dan saat itu pemerintah daerah telah menetapkan sektor pariwisata sebagai salah satu leading sektor pendapatan asli daerah. Maka muncul dalam benaknya jika lahirnya Patuno Beach Resort bakal jadi sarana untuk mempromosikan pariwisata dan keunikan daerah Wakatobi.
“Patuno Beach Resort juga saat itu lahir untuk mempromosikan pariwisata dan keunikan daerah Wakatobi. Untuk itu, posisi tempat sangat tepat. Pihak pengelola harus selalu memperhatikan agar tamu-tamu bisa nyaman selama berada di sini,” harap Hugua.
Amatan Baubau Post, diakhir pelaksanaan seremonial perayaan delapan tahun berdirinya Patuno Beach Resort, pihak pengelola melakukan pemotongan nasi tumpeng. Hadir sejumlah tamu undangan serta kolega mantan Bupati Wakatobi dua periode tersebut. (***)