Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Memasuki pekan kedua Bulan Februari 2022, harga sembako di Kota Baubau stabil. Hal itu bisa dilihat dari harga telur ayam jenis jumbo yang sebelumnya pernah tembus hingga Rp 58 ribu per krak di bulan Januari, kini harganya sudah turun menjadi Rp 48 ribu per krak. Sedangkan harga telur ayam ukuran biasa dijual dengan harga RFp 42 ribu per karak.

Jual Telur di pasar Wam Kota Baubau
Kadisperindag Kota Baubau La Ode Ali Hasan

Sama halnya dengan sayur mayur, harganya tetap stabil tidak pernah mengalami kenaikan sejak bulan Januari 2022. Harga tomat masih bertengker di harga Rp 12 ribu per kilogram. Harga cabe yang pekan lalu dijual dengan harga Rp 36 ribu per kilogram, kali ini agak naik menjadi Rp 40 ribu per kilo gram. harga mintak kelapa kemasan dari berbagai merek di Pasar tradisional belum ada tanda-tanda penurunan masih di jual dengan haraga antara Rp 42 ribu hingga 47 ribu per dua liter tergantung dari mereknya.

Kepala Dinas Perdagangan dan Perindustrian Kota Baubau La Ode Ali Hasan mengatakan normalnya harga telur itu karena saat ini pihak distributor sudah mendistribusikan telur dengan merata di sentra-sentra pemasaran di Kota Baubau. Kalau akhir pekan lalu masih tinggi harganya di beberapa pasar tradisional itu karena distribusinya belum merata.

“Kalau stok telur sebenarnya sudah terjadwal masuk di Kota Baubau sejak pekan ketiga Januari namun belum terdistribusi secara merata. Makanya kalau cek di seputaran Jembatan batu distu harga telurnya sudah normal, karena telurnya sudah terdistribusi duluan di sekitar situ. Nah, sekarang sudah terdistgribusi merata makanya sudah normal,” tuturnya.

baca juga: Taekwondo Dojang Polres Baubau Terima Penghargaan Tingkat Internasional

Untuk sayur-mayur, tomat dan cabe, menurut Ali Hasan stoknya memang tetap aman. Karena disamping didatangkan dari Buton dan Muna, juga stoknya ada di Kota Baubau. “Jadi aman sampai memasuki bulan April kalau stoki sayur mayur,” jelas Ali Hasan. (***)