Peliput: Alyakin Editor: Zaman Adha

PASARWAJO, BP – Pelabuhan dermaga Banabungi yang terletak di Pasarwajo, sangat strategis sebagaoi persinggahan kapal dari barat atau dari timur. Hal ini karena keadaan laut di dermaga yang berombak kecil dan cocok untuk bongkar muat barang.
Demikian diungkapkan kepala Wilayah Kerja Dermaga Pelabuhan Banabungi, Adrisman ketika dikonfirmasi Baubau Post di ruang kerjanya, Selasa (15/11). Dikatakan, perkembangan perekonomian daerah bisa maju jika pelabuhannnya aktif, sebab pintu gerbangnya adalah dermaga sebagai arus masuk barang.
“Majunya suatu daerah karena pelabuhan hidup sebab pintu gerbang untuk perkembangan perekonomian adalah dermaga,” ucapnya
Kata dia, untuk mengembangkan pelabuhan Banabungi, pihaknya berkoordinasi dengan pemilik tanah, tokoh-tokoh masyarkat, dan pemerintah daerah setempat, sebab belum lama ini Kepala satuan wilyah kerja baru melakukan pergantian.
Sementara ini, Adrisman mengakui bahwa kapal yang ingin sandar di pelabuhan masih sunyi. Padahal pelabuhan dermaga ini tempatnya sangat strategis dan nyaman sebagai tempat sandarnya kapal. Namun dia tidak menampik masih kurangnya fasilitas, seperti belum adanya aliran listrik, sehingga pelayanan belum maksimal.
“Saya juga sudah berkordinasi dengan PLN Pasarwajo untuk memasang listrik di sini, akan tetapi pihak yang mempunyai lahan belum memberikan izin untuk memasangkan tiang listrik ditanahnya,” keluhnya
Meski demikian, pihaknya berharap kedepannya Dermaga Banabungi akan jadi tempat persinggahan kapal-kapal dari berbagai deerah, untuk mengembangkan perekonomian daerah. (#)