• Wakapolres Kompol Bahtiar: Pelaku MR (17) di Tangkap di BTN Bukit Sari Baubau, Pelaku LA (19) Ditangkap Dijalan Poros Kampuntori

Laporan: Ardi Toris

BAUBAU, BP- Bapas Kota Baubau sudah menerima laporan terkait dengan kasus narkoba yang pelakunya masih dibawah umur dimana sang pelaku merupakan warga Kabupaten Muna.

Kepala Bapas Kota Baubau Sri Maryani SH MSi mengatakan sudah ada pendampingan terhadap sang anak untuk proses persidangan,” ucap Sri Maryani awal pekan lalu, ketika di konfirmasi Baubau Post di kantornya.

Kepala Bapas Kota Baubau Sri Maryani SH MSi (sebelah kir)

Sementgara itu Staf BKA Bapas Baubau Maya SH mengatakan melihat penerapan pasalnya untuk kasus Narkoba yang menimpa MR (17) ancamannya di atas 7 tahun penjara, sehingga tidak bisa diterapkan diversi, sehingga pembuatan penelitian kemasyarakatannya adalah pendampingan dalam persidangan.

“Akan tetapi seiring dalam perjalanan waktu bisa ada penambahan pasal yang bisa memungkinkan dilakukan diversi maka itu bisa berubah langsung dilakukan diversi. Namunini kan pihak kepolisian akan terus berkoordinasi dengan pihak kejaksaan untuk melihat bukti-buktinya, ” jelas Maya.

Sebagaimana di ketahui dua orang pelaku pengedar narkotika jenis sabu seberat 41,46 gram diringkus jajaran Satuan Narkoba (Satnarkoba) Polres Baubau. Pelaku adalah MR (17) dan LA (19) yang merupakan warga Kabupaten Muna. Kedua pelaku diamankan jajaran Satnarkoba Polres Baubau di dua lokasi yang berbeda pada Minggu 6 Februari 2022.

Wakapolres Baubau Kompol Bahtiar, S.Sos yang melakukan konferensi pers 15 Februari 2022 terkait kasus ini menjelaskan, terungkapnya kedua pelaku ini saat jajaran Satnarkoba mendapatkan informasi dari masyarakat bahwa di sekitaran BTN Bukit Sari sering terjadi transaksi jual-beli narkoba.

Mendapat laporan itu, jajaran opsnal Satnarkoba Polres Baubau kemudian patroli disekitar lokasi untuk melakukan pengintaian. Kemudian pelaku MR (17) yang masih dibawa umur itu berhasil diamankan dan dilakukan pemeriksaan.

Setelah diperiksa, kata Waka Polres, pelaku MR mengaku dalam mengedarkan narkotika bukan hanya sendiri, namun dilakukan bersama temannya yakni LA (19). Selain itu, MR juga mengaku menyimpan sisa sabu di rumah keluarganya tempat ia tinggali bersama pelaku LA.

“Saat dilakukan penggeledahan oleh tim kami, berhasil ditemukan sebanyak 45 saset Narkotika jenis sabu,” jelas Kompol Bahtiar dalam koferensi pers di Gedung Kemitraan Polres Baubau, Selasa (15/2/2022).

Setelah mengamankan barang bukti, kemudian jajaran opsnal Satnarkoba melakukan pengembangan dan mencari keberadaan pelaku lain. Hingga akhirnya, pelaku LA berhasil diringkus di jalan poros Baubau menuju Kecamatan Kapontori, Kabupaten Buton. Kemudian kedua pelaku bersama barang bukti diamankan, guna dilakukan pemeriksaan dan menjalani proses hukum.

baca juga: Hasil Pengawasan Loka POM Terhadap Beberapa Apotek di Baubau Masih Menemukan Kesalahan Pelaporan Administrasi

Adapun barang bukti yang diamankan yaitu, 45 paket kristal bening narkotika jenis shabu seberat 41,46 gram bersama pembungkusnya, satu kantong plastik warna hitam serta HP para pelaku.
Untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya, kedua pelaku akan dikenakan sesuai Pasal 114 ayat (2) dan atau pasal 112 ayat (2) subs pasal 127 ayat (1) huruf a, UU RI No. 35 tahun 2009 Tentang Narkotika dengan Ancaman hukuman maksimal 20 Tahun Penjara. (***)