Peliput: Amirul

BATAUGA, BP – Pelantikan Pelaksana Jabatan Bupati Buton Selatan (Busel) belum dapat dipastikan dalam waktu dekat, termasuk pelantikan Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) dan Pj Bupati Muna Barat.

Sebelumnya, Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra) Nur Alam telah menunjuk Plh Bupati tiga daerah tersebut, namun hingga saat ini belum ada pelantikan Pj Bupati, sementara Pj Bupati ketiga Daerah Otonomi Baru tersebut sudah berakhir masa tugasnya sebagai bupati sejat 9 Oktober lalu.

Kabag Humas Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Busel La Ode Idsyah Awaluddin mengatakan, informasi terakhir yang didapat dari pihak Pemprov Sultra, pelantikan Pj Bupati kembali ditunda dan dijadwal ulang pada 21 Oktober 2016.

“Katanya jadwal nanti hari Jumat sore tanggal 21 Oktober lagi,” kata La Ode Idsyah.

Lanjutnya, sesuai SK Gubenur Sultra Nur Alam dengan nomor 131.74/4069, Dr Ir La Ode H Muhammad Nur Ilah Ladamay ditunjuk menjadi Pelaksana Harian Bupati Busel.

Sementara itu, Wagub Sultra Saleh Lasata kepada rekan media mengakui belum ada jadwal pasti pelantikan tiga Pj Bupati di daerah Busel, Buteng dan Mubar.

Dikatakan, untuk SK ketiga Pj Bupati tersebut sudah tersedia, namun tinggal menunggu waktu dan kepastian Gubernur Sultra Nur Alam untuk pelaksanaan pelantikan di Kendari.(*)