– Untuk Beasiswa Warga Kurang Mampu

Peliput: Darson

BURANGA, BP – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Buton Utara (Butur), sudah akan mulai merencanakan untuk mengalokasikan anggaran sebesar Rp 3 milar peruntukan program beasiswa pendidikan buat siswa siswi berprestasi dan tak mampu di wilayah daerah lipu Tina Deakono Sarah ini.
Dana sebesar itu akan dialokasikan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) pada tahun 2017 mendatang. Demikian diungkapkan Plt Kepala Dinas Pendidikan Butur, Drs Muhamad Yasin, Selasa (29/11) di kantornya.
“Anggaran sebesar itu sudah terakomodir dalam rancangan APBD Butur tahun 2017. Gelontoran anggaran bantuan pendidikan tersebut juga telah mendapatkan lampu hijau dari legeslatif khusus di komisi III yang membidangi pendidikan,” katanya.
Dijelaskan Yasin lebih lanjut, untuk pemberian beasiswa pendidikan tersebut nantinya khusus akan diperuntukan bagi siswa yang tak mampu dan berprestasi.
Adapun terkait siapa yang berhak mendapatkan beasiswa itu kelak, nantinya akan melalui seleksi yang ketat agar peruntukannya bisa tepat sasaran.
“Nantinya, pihak Dinas Pendidikan Butur akan memberikan kewenangan kepada kepala sekolah khususnya di satuan pendidikan menengah atas untuk merekomendasikan siswanya yang berprestasi dan tak mampu yang dianggap layak untuk mendapatkan bantuan itu,”.
Sementara itu Komisi III DPRD Butur Abdul Manan Gani yang dari awalnya memperjuangkan penganggaran beasiswa bagi siswa siswi yang berpretasi ataupun kurang mampu ketika dikonfirmasi via celulernya ikut turut membenarkan hal tersebut.
Dijelaskannya, beasiswa tersebut selain untuk siswa berprestasi dan kurang mampu, juga akan ditujukan pada pemagangan guru.
“Iya benar itu, itu anggaran untuk yang mau lanjut S1. diprioritaskan pada anak-anak ber berprestasi yang lolos diperguruan tinggi vaforit, kemudian yang tidak mampu, ketiga pemagangan guru untuk persiapan sekolah unggulan,”tutur Politisi PAN ini.(*)