Peliput: Zaman Adha

BAUBAU, BP – Pemeriksaan hewan kurban Kota Baubau dilaksanakan seminggu sebelum lebaran Idul Adha. Dinas Pertanian (Distan) pun menmgaku akan menyasar beberapa titik.

Kabid Peternakan Distan Baubau drh Jusriati mengatakan titik-titik utama pemeriksaan hewan kurban yakni Postiga (kambing, Ngkaring-karing (sapi), jembatan beli (kambing), dan Pulau Makassar (kambing). Pemeriksaan diestimasi pada tanggal 20 Juli.

Kabid Peternakan Distan Baubau drh Jusriati

“Itu titik yang besar di Kota Baubau. Tetapi yang dipinggir jalan juga kita periksa,” katanya saat ditemui Jumat (10/07).

Selain pemeriksaan hewan kurban hidup, pada lebaran Idul Adha, Distan Baubau juga melakukan pemeriksaan daging pada hari H-1 maupun hari H. Pemeriksaan daging dipusatkan di Rumah Potong Hewan (RPH) maupun penjual daging.

Dijelaskan, pada H-1 Idul Adha pihaknya melakukan pemeriksaan hewan kurban sebelum (Ante Mortem) dan sesudah disembelih (Post Mortem). Setelah dilakukan pemeriksaan fisik, kemudian daging dibawa ke pasar.

“Jadi pemeriksaan daging sekalian penarikan retribusi di Pasar Karya Nugraha dan Wameo, termasuk yang di pinggir jalan juga,” ujarnya.

Pihaknya berencana pasca Idul Adha, akan memusatkan penjualan daging sapi dan ayam di Pasar Wameo. Terdapat satu bangunan di Pasar Wameo yang khusus menjual daging.

“Jadi tidak ada lagi yang menjual di pinggir jalan. Untuk pemeriksaan setiap hari lebih gampang, karena sudah terpusat,” tandasnya. (**)

Pin It on Pinterest