RUMBIA, BP- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bombana menerima penghargaan atas keberhasilannya melakukan perencanaan dan penganggaran yang terintegrasi, efektif, dan efisien melalui Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) oleh Pemerintah Pusat dalan hal ini Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB).

Seperti dilansir dalam halaman website Dinas Komunikasi, Informatika, dan Statistika (Diskominfos), kegiatan bertajuk SAKIP Award 2019 yang diselenggarakan di salah satu hotel di Yogyakarta, Senin (24/02) kepada pemerintah daerah di wilayah III. Dalam penyerahan ‘Rapor’ akuntabilitas kinerja Pemda tersebut, diserahkan langsung oleh Menpan-RB sendiri yakni Tjahjo Kumolo. Penyerahan diberikan kepada masing-masing kepala daerah yang mendapatkan AWARD.

Sebanyak 190 pemerintah daerah di wilayah III menerima hasil evaluasinya serta rekomendasi perbaikan yang harus dilakukan di tahun selanjutnya.

Rekomendasi tersebut ditujukan agar setiap Pemda mampu meningkatkan efektivitas serta efisiensi penggunaan anggaran agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kesejahteraan masyarakat.

“Alhamdulillah kinerja kita mendapat penghargaan SAKIP Award. Penghargaan ini akan jadi spirit untuk terus meningkatkan efektivitas dan efesiensi penggunaan anggaran kita, guna mewujudkan dimensi pembangunan Kabupaten Bombana ke arah yang lebih baik lagi,” ujar Bupati Bombana H Tafdil.

Diketahui, Kabupaten Bombana sendiri mengalami peningkatan prestasi, di mana tahun 2019 mendapat Nilai CC dengan skor 50,23 pada Pelaksanaan SAKIP Award 2018 di Makassar lalu, dan tahun ini Bombana mendapatkan predikat nilai B dengan skor 62. Ini artinya Bupati Bombana berhasil menggenjot kinerja OPD yang dipimpin.

Dalam rapor tersebut juga, Kemenpan-RB memberikan rekomendasi sebagai panduan bagi Pemda agar mampu dapat meningkatkan efektivitas dan efisiensi penggunaan anggaran, agar sesuai dengan sasaran yang telah ditetapkan demi kepentingan masyarakat.

Peliput: Agus Saputra

Pin It on Pinterest