Peliput : Amirul


Batauga,BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan menggelar upacara peringatan Hari Sumpah Pemuda ke 94 di Lapangan SMP Negeri 1 Batauga,Jumat (28/10).
Bertindak sebagai Inspektur upacara Pj. Bupati Buton Selatan La Ode Budiman, SKM, M.Mkes. Dihadiri Ibu Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Buton Selatan, Forkopinda, pejabat, pelajar, pemuda, guru dan ASN Lingkup Pemerintah Kabupaten Buton Selatan.

Dalam sambutannya membacakan amanah Menteri Negara Pemuda dan Olahraga Zainudin Amali. Hari Sumpah Pemuda ke 94 tahun 2022 ini, mengambil tema “Bersatu Bangun Bangsa” . menjelaskan, tema-tema tersebut pesan yang kuat untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa, dalam membangun peradaban bangsa yang unggul serta berdaya saing. Terkhusus pemuda sebagai generasi muda Indonesia harus mengobarkan semangat untuk bangkit bersama membangun bangsa.
Dikatakannya,Sumpah Pemuda 28 Oktober 1928 atau 94 tahun silam telah memberikan pelajaran tentang bagaimana menyikapi perbedaan sikap primordial, suku, agama, ras dan kultur, serta berbagai kepentingan menjadi kekuatan, bukan sebagai faktor yang melemahkan.

Untuk itu Pj Bupati Busel mengajak generasi penerus bangsa Indonesia dimasa datang agar menjadikan Hari Sumpah Pemuda yang Ke-94 ini sebagai momentum untuk meningkatkan semangat bersama membangun bangsa.
Sejarah telah menjelaskan bahwa pilihan pada waktu adalah telah menjadi tonggak kuat menuju kemerdekaan . Peran pemuda dalam memelopori membangun visi kebangsaan dengan Sumpah Pemuda 1928 yang diikuti dengan pergerakan-pergerakannya telah mengantarkan proklamasi Kemerdekaan Indonesia.

“Peran pemuda telah tercatat dengan tinta emas sepanjang masa” katanya.

Mandat pemuda saat ini adalah menjadikan persatuan diatas segala-galanya. Memandang keberagaman sebagai anugrah yang berharga untuk dirangkaikan sebagai kekuatan yang luar biasa menggapai kejayaan Indonesia.
“Pemuda bukan hanya menjadi pelaku penting membangun ketangguhan bangsa dalam mewujudkan visi misi Indonesia Emas tahun 2045, tetapi juga menjadi tulang punggung untuk kejayaan bangsa sepanjang masa,” tuturnya.

La Ode Budiman menambahkan, ketangguhan bangsa melalui pembentukan karakter dan pengembangan kompetensi dalam berbagai ranah keahlian dan dipadukan dengan senantiasa mengasah kreatifitas dan inovatif adalah pekerjaan yang tidak boleh diabaikan oleh para pemuda Indonesia. Karena hanya bangsa yang tangguh, mampu menjaga eksistensi bangsa dan akhirnya menjadi pemenang dalam kancah global yang semakin keras.

baca juga: P3DN, Buton Selatan Tertinggi seSultra

“Pemuda hari ini adalah tokoh-tokoh yang akan berperan dimasa yang akan datang. Apa yang dilakukan pemuda dimasa sekarang akan menjadi penentu kemajuan bangsa dimasa yang akan datang,” tukasnya. (*)