LABUNGKARI, BP – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah (Buteng), berhasil meraih prestasi memuaskan terkait implementasi Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP) dengan predikat “CC” oleh Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB), disalah satu hotel di Yogyakarta, Senin (24/2).

Bupati Buteng, H Samahuddin SE menghadiri langsung menghadiri Acara penyerahan hasil evaluasi SAKIP daerah provinsi, kabupaten dan kota wilayah III, yang meliputi Jawa Tengah, Gorontalo, Maluku, Maluku Utara, Sulawesi Utara, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tengah, Sulawesi Tenggara (Sultra), Papua dan Papua Barat.

Pada kegiatan tersebut, Bupati Buteng menerima langsung hasil Penilaian dari Menteri PANRB Tjahjo Kumolo. Dimana, berdasarkan hasil evaluasi SAKIP daerah provinsi kabupaten dan kota wilayah III tahun 2019, Buteng memperoleh predikat CC dengan nilai 52.05, setingkat lebih tinggi dari Kabupaten Buton Selatan (Busel) dan Kabupaten Muna Barat (Mubar) yang hanya memperoleh predikat C.

Hasil yang diraih kali ini, merupakan suatu kebangaan pemerintah daerah maupun masyarakat Buteng, dimana bentuk komitmen Pemkab Buteng untuk selalu mengevaluasi kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) setiap tahunnya, sehingga akan semakin efektif,  efisien dalam melaksanakan tupoksi dan memanfaatkan anggaran yang ada.

Dengan adanya hal tersebut, Bupati memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih setinggi tingginya kepada seluruh tim yang sudah bekerja keras sehingga mendapatkan prestasi tersebut. Saat ini, sistem kepemerintahan Buteng bisa sejajar dengan Kota Baubau.

“Kita merupakan daerah yang belum cukup lama mekar, namun sudah bisa dan mampu bersaing dengan Kota Baubau, yang juga mendapatkan predikat CC meski hanya berbeda sedikit,” ungkap Samahuddin, Bupati Buteng saat dikonfirmasi beberapa awak media.

Pada tahun sebelumnya, Pemerintah Kabupaten Buteng mendapat predikat C, kedepan pihaknya berupaya untuk selalu meningkatkan prestasi dan komitmen sehingga penilaian kemenpan RB dapat ditingkatkan pada tahun selanjutnya.

“Saya dipilih masyarakat, jadi penghargaan ini merupakan penghargaan buat masyarakat Buteng dan para kepala OPD ini menujukan kinerja jadi saya juga bisa memberikan penilaian buat OPD saya,” tutupnya.

Peliput: Hengki TA

Pin It on Pinterest