– Rayakan Tahun Baru

Peliput: Anton

LABUNGKARI, BP – Pemerintah Kabupaten Buton Tengah merangkaikan perayaan malam tahun baru 2017 dengan Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Buteng ke 2 sebagai daerah otonom, dengan mengadakan Pesta Kembang Api (PKA) pada Sabtu (31/12) yang merupakan hari terakhir tahun 2016.

Segenap jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Buteng bersama pihak Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Buton Tengah menggelar zikir akbar yang dipandu oleh ustadz H Rahman LC MAg.

Acara tersebut juga dirangkaikan dengan kegiatan syukuran dan pekande-kandea (acara makan bersama, red.) di Lapangan Tangkalawa Kelurahan Lakudo Kecamatan Lakudoyang berlangsung dari pukul 16.00 Wita hingga 18.00 Wita, yang mana pada kurang lebih pukul 20.00 Wita diadakan pula acara hikmah penyambutan pergantian tahun 2016 menuju tahun 2017.

“Kita hadir bersama-sama ditempat ini guna menggelar zikir akbar, dalam rangka syukuran hari ulang tahun yang ke 2 Kabupaten Buton Tengah sebagai daerah otonomi. Kegiatan yang saat ini sedang kita laksanakan, sengaja dirancang untuk mencoba memadukan antara nilai-nilai perayaan hari ulang tahun yang bersifat universal, nilai-nilai agama, dan nilai-nilai budaya yang dimiliki oleh masyarakat kita di Buton Tengah, yang alhamdulillah tahun ini telah berusia 2 tahun, tepatnya tanggal 9 Oktober 2016 yang lalu,” ucap Pj Bupati Buteng Drs H La Ode Ali Akbar MSi dalam sambutannya.

Dilanjutkan, zikir yang diadakan bertujuan untuk lebih mendekatkan diri kepada yang maha kuasa, agar sebisa mungkin mendapat limpahan rahmat dalam menjalankan roda pemerintahan lingkup Pengkab Buteng.

“Kemudian zikir ini kita adakan dalam rangka untuk mendekatkan diri kita kepada Allah SWT, selanjutnya saya harapkan dalam Pilkada ini, kita menjaga hubungan kita sesama manusia yang ada di Kabupaten Buton Tengah ini,” tuturnya.

Dipaparkannya, keberhasilan maupun kekurangan yang dilakukan pada tahun 2016, diharapkan bisa menjadi pengalaman berharga bagi daerah Buteng sebagi daerah otonomi baru, untuk sebisa mungkin dapat dibenahi pada tahun 2017.

“Keberhasilan maupun kekurangan yang kita lalui, itu akan menjadi guru besar bagi kita daerah otonomi baru. Momentum ini juga menggugah kita sebagai masyarakat dan seluruh karyawan-karyawati yang ada di Kabupaten Buton Tengah pada khususnya, agar dapat mewujudkan harapan pencetus dan berdirinya Kabupaten Buton Tengah yang tiada lain adalah berdirinya pembangunan pada berbagai kehidupan dalam rangka mempercepat terwujudnya kesejahteraan masyarakat di berbagai bidang,” paparnya.

Ali Akbar berharap, agar semua tahapan pelaksanaan Pilkada serentak khususnya di Buteng pada Februari 2017 mendatang, dapat berjalan dengan aman, tertib dan dapat terkendali yang berdasar pada prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia.

Lanjut dari itu, ia juga mengharapkan agar Buton Tengah bisa menjadi yang terbaik dalam Pilkada mendatang. Dikatakannya pula bahwa tahun 2016 adalah sejarah, sedangkan tahun 2017 bisa dijadikan tahun yang penuh harapan.

“Melalui sambutan saya pada malam hari ini, baik sebagai pejabat Bupati, maupun mewakili pemerintah daerah, saya berharap pelaksanaan Pilkada serentak di Kabupaten Buton Tengah, akan berlangsung dengan aman, tertib, serta dapat terkendali, sesuai dengan prinsip langsung, umum, bebas dan rahasia, serta demokratif dan akuntabel. Kemudian kita juga berharap yang terbaik untuk tahun ini, tahun 2016 lalu adalah sejarah, tahun 2017 ini penuh dengan harapan,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest