Peliput : Amirul

Batauga, BP-Pemerintah Kabupaten Buton Selatan bersama Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) menggelar bimbingan teknis untuk Sistem Informasi Kearsipan Dinamis Terintegrasi (Srikandi) versi dua secara daring melalui zoom meeting.

Kegiatan yang dilaksanakan selama dua hari, tanggal 17 sampai dengan 18 Februari 2022 ini merupakan upaya implementasi pengelolaan arsip elektronik.

Saat zoom meeting, Pj Sekda Busel diwakili Kepala Perpusatakaan dan Kearsipan Buton Selatan, Ediruddin.

Dalam sambutannya Pj. Sekretaris Daerah Kabupaten Buton Selatan, La Ode Allah Muhammad Sufi Hisanuddin, yang diwakilkan oleh Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan, Ediruddin menyampaikan bahwa Arsip merupakan salah satu sumber informasi yang sangat penting tatakelola organisasi terutama dalam menyongsong pemerintahan berbasis digital.

“Pemkab Buton Selatan sangat mengapresiasi pihak Arsip Nasional Republik Indonesia (ANRI) yang telah merespon dengan cepat dan mendukung upaya pengimplementasian pengelolaan arsip elektronik di Buton Selatan, ” singkatnya.

Sementara itu, Direktur Kearsipan Daerah I ANRI, Muhammad Sumitro, mengatakan bahwa sesuai informasi yang diperolehnya, Pemkab Buton Selatan perlu melengkapi Instrumen Kearsipan seperti Klasifikasi Arsip maupun Klasifikasi Keamanan dan Akses Arsip yang diinput ke aplikasi.

“Nanti setelah mengikuti bimtek ini dinas kearsipan dan dinas kominfo akan memberikan pendampingan kepada OPD-OPD lainnya agar aplikasinya secepatnya digunakan, ” ucapnya.

baca juga: Pemkab Buton Selatan Gandeng BLK Kendari Beri Pelatihan Kepada 150 Warga

Diketahui dalam kegiatan ini di hadiri oleh Direktur Kearsipan Daerah I ANRI, Kadis Kominfo Kab. Buton Selatan, Tim Narasumber dari ANRI, Koordinator Kearsipan Daerah Wilayah Sulawesi Tenggara dan para peserta dari Dinas Kearsipan dan Dinas Kominfo Kab. Buton Selatan.(*)