Peliput Alyakin

PASARWAJO, BP – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton untuk ketiga kalinya meraih piala dan piagam, Penghargaan Kota Peduli Hak Asasi Manusia (HAM) diserahkan langsung oleh presiden RI, Ir Jokowi Widodo melalui Kementerian Kemenkum HAM RI, Yasona Laoly di salah satu hotel Solo, Jawa Tengah, Minggu (10/12).

Bertepatan dengan peringatan Hari HAM se dunia ke 69, Pemkab Buton dibawah kepemimpinan Drs La Bakry Msi, Kabupaten Buton merupakan daerah yang peduli Hak asasi manusia.

Dijelaskannya, penghargaan ini di raih atas komitmen Pemerintah Kabupaten Buton dalam upaya memajukan dan pemenuhan HAM yang telah diamanatkan konstitusi, instrumen HAM dalam rangka tercapainya keadilan sosial bagi seluruh masyarakat.

“Kita dinilai karena telah menjalankan tugas dan tanggung jawabnya kepada warga telah sesuai dengan peraturan perundang-undangan, peduli terhadap hak rakyat terkait pendidikan, kesehatan dan infrastruktur,” jelasnya saat dikonfirmasi Baubau Post di Kantornya, Senin (11/12).

Penghargaan sebagai Daerah peduli HAM, kata Dia, ini sejalan dengan nilai-nilai budaya Buton karena Umar – Bakry menjalankan visi dan misinya membangun Buton tidak pernah membeda-bedakan masyarakatnya.

Olehnya itu, Orang Nomor satu di Kabupaten Buton tidak membaga diri sebab masih banyak tugas dan kewajiban
untuk memenuhi kebutuhan masyarakat. “Kita masih terus bekerja keras agar memenuhi seluruh harapan masyarakat,” tutupnya.(*)

Pin It on Pinterest