Peliput : Kasrun

BURANGA,BP-Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Utara (Butur) bersama Ketua Tim Penggerak PKK, Dekranasda dan Dharma Wanita Persatuan (DWP) mengelar studi tiru di Kabupaten Soppeng Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) yang dijadwalkan dari tanggal 1-3 Februari 2022.

Rombongan itu dipimipin langsung Bupati Buton Utara, Dr H Muh. Ridwan Zakariah, M.Si. Turut dalam rombongan tersebut Sekretaris Daerah Buton Utara bersama para Kepala SKPD lingkup Pemerintah Buton Utara.

Rombongan Pemkab Butur pada saat berkunjung di Rumah adat Bugis.

Rombongan Pemda Butur tiba di Kabupaten Soppeng tepatnya hari selasa tanggal 1 Februari 2022 dan langsung mengunjungi Rumah Adat Bugis Saoma Mario.

Kehadiran Pemda Butur, di Kabupaten Soppeng disambut dengan Tari Paduppa, dan diterima oleh Camat Marioriawa, Syahrani Andi Ngandro, SE. M.Si.

Dari rumah adat Bugis selanjutnya Bupati Butur dan rombongannya berkunjung di Taman Wisata Alam Lejja Desa Bulue Kecamatan Marioriawa Kabupaten Soppeng di dampingi oleh Wakil Ketua DPRD Kabupaten Soppeng Andi Maparema, Kadis Pariwisata Kabupaten Soppeng Ibu Dra. Hj. Nurlina dan camat Marioriawa, Syahrani Andi Ngandro, SE. M.Si.

Sedangkan Untuk resminya Pemda Butur di sambut oleh Pemerintah Kabupaten Soppeng diterima langsung Bupati Soppeng H. Andi Kaswadi Razak, SE., pada hari Kamis 3 Februari 2022 bertempat di Kantor Bupati Soppeng.

Kata Ridwan,tujuan Pemerintah Daerah Kabupaten Buton Utara melakukan kunjungan di Kabupaten Soppeng itu ingin mengetahui kiat – kiat yang dilakukan pemda Soppeng dalam mengelolah kekayaan sumber daya alamnya, pasalnya kata Ridwan selain sektor pertanian Soppeng juga berkembang degan pariwisatannya.

“Sebagai salah satu daerah yang maju dan berprestasi dibeberapa sektor, mulai dari pedesaan, seni budaya serta kebersihan kota, Kabupaten Soppeng menjadi penting bagi Pemda Butur untuk datang melihat langsung dan ingin belajar dari Kiat-kiat Pemda Soppeng”, Kata Ridwan.

Di Kabupaten Bone Bupati Butur dan rombongan tertarik melihat secara ril kondisi pertanian Kabupaten Bone tepatnya di Kecamatan Amali. Kata Ridwan Kecamatan Amali merupakan salah satu pendistribusi jagung terbesar di wilayah Sulawesi Selatan.

“Kecamatan Amali merupakan salah satu pendistribusi jagung terbesar di sulsel, dan secara detil wilayah Amali lahanya tidak ada yang tidur/terlantar semua dimaksimalkan sebagai lahan pertanian dan perkebunan, sehingga kondisi pertanian Amali sangat tepat bagi Dinas Pertanian Butur melakukan studi di sini”, kata orang nomor satu di pulau Buton yang paling Utara itu.

baca juga: Dugaan Praktik Pungli, Plt Kasatpol PP dan Salah Satu Kabidnya Resmi Dilaporkan ke Polres Butur

Terakhir kunjungannya rombongan Pemda Butur di Kabupaten Bone. Ridwan Zakariah bersama jajaran diterima oleh Wakil Bupati Bone, Drs. H. Ambo Dalle, MM. di Rujab Wakil Bupati Kabupaten Bone.(*)

Comments are closed.