Peliput: Iman Supa Editor: Zaman Adha

RAHA, BP – Satu persatu program Bupati Muna LM Rusman Emba dan Wakilnya, H Abdul Malik Ditu mulai berjalan. Salah satunya yang saat ini tengah digiatkan adalah pembangunan Universitas baru di Kabupaten Muna.
Menurut Abdul Malik Ditu yang ditemui wartawan Baubau post, di Galampano, beberapa waktu lalu menuturkan, rencana fakultas yang akan dibuka, diantaranya Fakulas Ilmu Politik, Fakultas Hukum, Fakultas Ekonomi, FKIP Jurusan Matematika dan Bahasa Inggris. Namun tidak terlepas ada jurusan tambahan dari STIP Wuna, yaitu Fakultas Kehutanan, Agribisnis, Agrotek dan Perikanan.
“Kita akan segera miliki sebuah Universitas tahun ini. Kita sudah siapkan lahan sekitar 10 hektar untuk lokasi kampus. Itu untuk jangka panjangnya. Untuk jangka pendeknya, kita akan tempatkan lokasi perkuliahan dibeberapa tempat di Kota Raha,” jelasnya.
Malik juga mengungkapkan, begitu banyaknya putra daerah yang menempuh pendidikan diluar daerah mencapai 5000 orang. Sehingga uang yang keluar daerah berkisar Rp 100 miliar setiap tahunnya.
“Bayangkan tiap tahun uang kita dibawa keluar sekitar Rp 100 miliar hanya untuk kuliah. Jika kita miliki Universitas, maka roda perekonomian meningkat, otomatis uang tidak keluar daerah,” tutupnya. (*)

Pin It on Pinterest